Little Candles: Farewell ;(




Mata bengkak, karena aku nangis terus dari semalem ;( Udah lama gak ngerasain nangis kayak gini.. Terakhir kayaknya pas di Amrik, pas mo pulang ke Indo, and itu lebih parah kayaknya.. Mungkin rasanya kayak abis diputusin pacar, hahaha..

Minggu ini bukan minggu yang mudah, karena aku harus "melepas" kepergian beberapa anak Little Candles. Ada 3 anak dan mereka ini adik-kakak (untuk info lengkapnya kalian bisa baca di post aku yang judulnya "Update Terbaru Little Candles" di bulan Feb 2012). God sent them into Little Candles 5 months ago and we had lots of memories, itu yang bikin aku sediihh.. hiks.. And hari ini adalah hari terakhir mereka dateng ke Little Candles.. Aku adain pesta kecil-kecilan; pesen Pizza, print foto2 mereka bareng Little Candles and aku tulisin pesen2 buat mereka di belakangnya, main sampe puas, trus selesaiin baca Bible stories and kasi Bible-nya buat mereka.. Keponakanku (yang ada di foto) juga tiba-tiba mau ikut nimbrung and main ama mereka, hihi.. Ryu, salah satu anak Little Candles juga dateng bareng papanya untuk bawain banyak hadiah buat mereka (thank you!!) I tried so hard to hold my tears di depan mereka, but akhirnya nangis juga pas pisah sama mereka di mobil.. hiks..

Jadi singkat cerita, mereka ini berasal dari keluarga broken-home. Mamanya ninggalin mereka, jadi mereka cuma dirawat sama papanya. And karena masalah itu, papanya jadi ga bisa kerja and keuangan mereka minim banget. (That's why mulai bulan February kemarin aku kasi mereka les gratis 3x seminggu) Nah, belum lama ini, papanya ditawarin sama saudaranya untuk cari kerja di Aussie, karena bisa dapet penghasilan yang lumayan gede, and bisa buat biayain anak-anak juga. Jadi anak-anak ini (gak ada pilihan lain) untuk sementara akan dimasukin ke panti asuhan.. Tadinya sempet gak jadi, and aku udah seneng banget.. Tapi akhirnya, besok mereka akan pindah ke panti dan itu katanya panti Kristen yang bagus didikannya..

Banyak orang bilang, "wah kasian banget dimasukin ke panti?!" but kalo menurut aku, aku malah setuju mereka masuk ke sana.. Lho? Why? Karena di situ mereka bisa dapet pendidikan yang layak, dididik secara Kristen and dapet figur orang tua juga.. Karena mereka gak bisa dapetin itu di keluarga mereka saat ini, dan di sekolah mereka yang sekarang pergaulannya juga kurang bagus.. So, I think ini jalan yang terbaik buat masa depan mereka :) Mereka akan stay di situ sampai mereka lulus SMA dan aku percaya mereka akan belajar banyak hal di sana..

Veronica (Vero), 11 tahun, anak yang paling tua, adalah anak yang paling suka ngomong, hihi.. Dia juga paling semangat kalo lagi mo kerjain sesuatu, misalnya kalo lagi mo belajar masak/bikin kue.. "Ayo ci Cella, cepetan.. Aku udah gak sabar nih.." itu selalu jadi respon dia, haha.. Dia termasuk kakak yang sabar juga sama adik-adiknya, sering disakitin tapi gak pernah bales, kadang cuma bisa nangis ;p Dia juga suka bantu2 beresin rumahku (cuci piring, ngepel..) kalo abis belajar masak/bikin kue.. Dia memang gak terlalu suka and gak terlalu bisa Matematika, tapi sepertinya dia jago di komunikasi (bawel soalnya, tiap kali ketemu pasti ada aja bahan ceritanya, hihi..) and cocok juga jadi guru karena dia bisa bantu ajarin adik2nya :) Secara fisik dia agak lemah, suka sakit, tapi tetep rajin dateng les.. And dia juga jadi pendoa buat keluarganya.. Selalu berdoa buat mami-papinya and belajar mengampuni mereka meskipun sulit rasanya.. And aku percaya God denger semua doa dia.. Amin!!

Valentine (Valen), 9 tahun, agak tomboy and keras.. Mungkin karena pengaruh background dia.. Kalo gak salah (kalo gak salah inget ya..) sebenernya ortunya kepengen anak cowoq pas itu, and dulu Valen juga pernah sakit parah sampai hampir mati.. But God selametin dia, Praise God! :) Valen lahir pas hari Valentine (14 February) jadi aku gak bakal pernah bisa lupain bday dia, haha.. She's very talented! And aku paling kagum sama bakat dia dalam menggambar! Salah satu gambarnya kamu bisa liat di image. Itu gambar dia yang terakhir yang dia gambar di sini. Gambar tentang mimpi dia, yang bener-bener bikin aku terharu.. "I want to be a Pastor" she said. And dia pengen bisa lancar bahasa Inggris supaya one day bisa sekolah di luar negeri :) Dia juga yang paling seneng nyanyi2 kalo lagi les and juga seneng ngomongin Firman Tuhan.. Oh God, I will miss her! ;(


Jonathan (Jojo), 6 tahun, anak bungsu and cowoq satu-satunya, hihi.. Selama 5 bulan ini aku liat banyaakk bangeett perubahan and perkembangan dalam diri dia.. Dia ini belum sekolah, jadi aku paling banyak ngajar and kasih soal buat dia dibanding kakak2nya.. Yang pasti, dia bertumbuh secara fisik. Dulu kalo mo nyalain lampu kamar mandi atau buka kran di wastafel, dia pasti teriak "Tolongin dong.." (hihi..) tapi sekarang dia udah bisa sendiri karena udah tinggian badannya! Haha.. Surprised juga waktu liat dia nyalain lampu sendiri ;p Trus dia juga udah bisa baca and tulis beberapa kata.. kalo hitung2an sih gak usah ditanya, Math Master nih dia, jago banget soal angka! :D And 1 more yang bikin aku seneng banget, dia bisa hafal and pimpin doa dalam bahasa Inggris setiap kita mulai les (kakak2nya juga udah pada hafal) gak nyangka dia bisa hafalin cepet banget! Trus secara karakter juga udah mulai banyak berubah.. Dulu awal2 paling repot urusin dia, paling emosian, sering nangis and ngambek.. But belakangan he becomes more mature and able to control his self ;) Dia juga pernah dateng les pas dia lagi sakit.. But tetep semangat belajar.. Sampe akhirnya dia tepar, harus tiduran di sofa and aku bikinin dia bubur.. Sedih banget rasanya liat dia waktu itu, loyo and gak bisa senyum kayak biasanya.. They really taught me how to be a mom and how it feels..

Ci Cella: Kira-kira pas nanti kalian dateng lagi ke sini, Little Candles udah jadi kayak gimana ya?!
Jojo: Mungkin nanti ci cella udah menikah, trus punya 2 anak.. eh, 3 anak deh.. ;)
Ci Cella: Waduh, Jojo.. (tapi amin dalam hati.. hahaha..)

Believe it or not, ketiga anak ini punya impian alias cita-cita untuk jadi pendeta. Sempet sih mereka sebutin juga impian2 mereka yang lain, kayak Valen pengen juga jadi pelukis or Jojo pengen jadi astronot, hehe.. Tapi tetep profesi pendeta selalu disebut.. And mereka juga bisa sebutin nama2 negara yang pengen mereka layani (woohoo! I'm excited to see their future!)

Yang pasti aku bersyukuurrr bangeett God kirim mereka ke Little Candles and thanks God buat waktu 5 bulan yang udah Kau kasih untuk aku boleh menabur banyak hal ke dalam hidup mereka.. Memang sih ada saatnya juga mereka nyebelin, hihi.. But also we had a lot of fun memories to remember.. Saat-saat kita belajar bareng, maen bareng (terutama main kartu Dutch Blitz! Hoho..), masak and bikin kue bareng (hampir every once a week dengan resep yang beda2, hehe..), pegi nonton bareng (aku ajak mereka nonton Madagascar 3 :)) trus terakhir mereka juga ikut ke TMII bareng Little Candles..

Duh, I can't stop crying nih selama nulis ini.. I think I have to stop writing.. LOL Tiap kali masuk ruangan Little Candles juga masih berasa sedih.. But aku inget ada orang bilang kalo perpisahan akan bikin sadar betapa berarti seseorang itu dalam kehidupan kita :) Kalo pas pisah rasanya biasa aja ya berarti gak ada sesuatu yang berkesan. But kalo pas mo pisah rasanya berat banget (kayak gini nih..) itu artinya banyak hal yang berkesan and hubungan itu berarti banget.. Gak kebayang gimana rasanya orang2 yang kehilangan ortunya, or pasangannya.. Aku baru kayak gini aja udah cengeng bener, (maklum orang melow, hihi..) But I'm grateful because I have God who always gives me strength! Gpp deh ngerasain pisah sama manusia, asal jangan pisah sama God ;) And aku siap Tuhan kalo Kau mau kirimin Vero2, Valen2 and Jojo2 lainnya untuk aku layani :) Mungkin memang udah saatnya untuk kasih kesempatan juga buat anak2 yang lain yang sudah Kau siapkan..

Farewell Vero, Valen, Jojo.. Ini saatnya untuk kalian keluar dan bersinar seperti lilin-lilin kecil, tetapi membawa cahaya yang besar! :D I believe I'll see them again next time.. And aku percaya meskipun mereka punya background yang hancur bukan berarti mereka gak bisa sukses.. But sebaliknya, Tuhan bisa pakai orang2 seperti mereka untuk jadi kesaksian and berkat bagi banyak orang.. Mereka akan jadi orang2 yang berhasil! Amin! :D

Oya, satu hal lagi yang bakal bikin aku kangen sama mereka.. Tiap kali selesai les, mereka bertiga selalu samperin aku and bilang:

"Terima kasih cici Cella atas pelajaran hari ini, Tuhan Yesus memberkati..!" :')


Mazmur 27:10
Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.

Published with Blogger-droid v2.0.6


5 comments:

  1. Hueee~ jadi terharu baca postingan ini >.< semoga Tuhan makin memakai Ci Cella untuk memberkati lebih banyak anak2 >.<

    ReplyDelete
  2. Cici... mata-ku jadi ikut berkaca2 juga pas baca postingan ini..huuuuukkkssss.. jd kangeeeeen kan pengen ngajar les lagiiii..

    ReplyDelete
  3. @Anita Amin! Thank you :)
    @Kezia haha.. Yuk, siap2 ngajar di Little Candles yah ;)

    ReplyDelete
  4. Pas liat gambarnya Vallen, gw tertarik bgt liat cara dia gambar diri dia. WITH RED WEDGES booooo... hahhahaa.. Sungguh imaginatif pikiran dia, bisa menggambar dgn sepatu sebagus itu di kaki dia one day. amazing kid!

    Dulu, gw ga suka anak2. Bagi gw anak2 itu berisik n rusuh. Pas 2012, cara pandang gw soal anak mulai berubah. Gw lebih merhatiin gimana mereka bertindak, gimana mereka berbicara, gimana mereka nangis kejer karena sesuatu hal, gimana ortu mereka nyikapin kondisi anaknya. Interesting bgt sih. Tapi tetep gw ga gitu suka kalo deket2 anak kecil...

    Sampai pas gw hamil, tiba2 kayak mengalir sendiri kasih sayang seorang ibu dalam diri gw untuk anak2. Walopun batal (sekarang) jadi seorg ibu, tapi kasih sayang itu engga hilang. Rasanya bahagia bgt bisa bikin babies ketawa ama nyanyian n sentuhan gw. Seneng juga ngisengin anak2 kecil n nanya2 pertanyaan ga penting buat mrk tp di jawab dgn antusias. Kasih seorg ibu itu emang luar biasa ya.

    Elo termasuk org yg beruntung cel, bisa punya pengalaman yang mengasah elo utk menjadi seorg ibu nantinya. Yihaaaaa.....

    Good luck cel...

    ReplyDelete
  5. @Devie Wah thx dep! Iya dunia anak2 itu luar biasa.. Penuh kejutan, haha.. Pasti wow bgt ya rasanya nanti kalo uda punya anak sendiri, jd makin ngerti hati ibu :p Good luck for you too!

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon