Saturday, August 16, 2014

The Story Behind My Wedding Dress

Persiapan wedding itu memang "sesuatu" banget! Duit ratusan juta bisa habis dalam sekejap, apalagi kalo pestanya di Indonesia, bisa milyaran kali ya sekarang, haha.. Tapi dari dulu aku selalu punya impian kepengen wedding yang simple but meaningful :) Thanks God akhirnya Tuhan kasih aku wedding di Australia, and pesta tunangan di Indonesia, jadi bisa lebih simple, hehe..

Salah satu hal penting yang harus dipikirin dalam persiapan wedding adalah soal budget. I know God can provide everything that we need, but bukan berarti kita gak perlu pake hikmat and semuanya harus serba mewah :p Kita harus tau hal apa aja yang mau kita prioritasin..

Waktu aku and DM udah mulai masuk persiapan wedding, dia tanya ke aku, hal apa aja yang penting buat aku (karena biasanya ceweq yang banyak maunya soal urusan wedding, hehe..) Ada yang memang mau prioritasin budgetnya ke wedding dress, ada yang mau spend more money ke venue/tempat, ada yang ke wedding cake, ada yang ke dekorasi, makanan, dan lain sebagainya..

And I said to him, kalo buat aku.. aku bener-bener gak prioritasin soal dress, tempat, dekorasi, cake, makanan, dll.. but aku mo prioritasin souvenir (buku "Our Love Story" maksudnya, haha..) trus dokumentasi (terutama harus ada video, supaya orang-orang yang di Indonesia and di seluruh dunia juga bisa nonton :p) sama terakhir (yang ini sih gak perlu keluar biaya) aku mau fokus di acara and suasana.. it has to be meaningful, touching.. and pengen ada first dance kalo bisa, hehe..

So, karena udah tau mana yang prioritas, jadi budget-budget yang lain bisa kita kurangin.. wedding dress misalnya :)


Aku sempet mampir ke beberapa bridal di Jakarta, buat iseng-iseng nyobain baju sambil survey harga.. and wow, harga sewa wedding dress ternyata mahal juga ya.. meskipun udah termasuk paket dsb. tetep aja mahal :p Padahal cuma buat dipake sehari, and abis itu langsung dibalikin lagi.. Duit 10-15 juta langsung hilang dalam sehari, hehe.. Bukan cuma di Indo, buat sewa wedding dress di Aussie juga malah lebih mahal lagi, haha.. Kata temen-temen sih sekitar 2000 AUD (sekitar 20 juta). So, gimana dong solusinya biar gak usah keluar duit segitu banyak?

Caranya adalah, aku bikin bajunya di Indo.. trus dibawa ke Aussie, hehe.. Ternyata harga buat bikin itu jauh lebih murah daripada sewa. Selain bisa jadi hak milik seumur hidup, kita juga bisa nentuin sendiri model bajunya mau kayak gimana :) Aku search di internet, sempet bingung juga karena banyak bener pilihannya.. but akhirnya aku milih satu model baju yang di-design Vera Wang (trus aku tambahin bagian pundaknya biar gak terlalu terbuka) So, kayak begini deh jadinya.. :)


Model baju ini gak ada "buntut" nya, jadi aku sengaja beli veil yang agak panjang buat dijadiin buntut, hehe.. Trus pas selesai pemberkatan, aku lepas veil nya supaya bisa dance and gak keserimpet (ampun deh bahasanya, tapi ngerti kan maksudnya? haha..)

Aku bener-bener gak nyesel sih bikin baju ini.. siapa tau one day bisa buat dipake lagi and buat foto-foto lagi (kalo masih muat tapi ya, wkwkwk..) And aku jadi suka saranin ke temen-temen yang mo married untuk bikin, daripada sewa.. Memang harganya beda jauh banget ya? Yup, jauh banget.. Biaya yang dikeluarin buat bikin baju ini, sama baju tunangan aku yang warna ungu, total semuanya (buat 2 baju lho ya..) masih di bawah 4 juta! So we can save our money buat hal-hal yang laen, hehe..

So inti dari cerita aku kali ini (khususnya buat yang lagi pada persiapan wedding), just be wise.. khususnya dalam ngatur soal budget.. The most beautiful wedding is not always the most expensive one :) Kecuali kalo memang orang tua kita yang mau dan mereka yang biayain buat semuanya, ya apa boleh buat, terima aja, haha.. Yang penting semua bisa happy :p But I know ada beberapa pasangan yang harus siapin budget and harus ngatur semuanya sendiri.. Or ada yang mau married di luar negeri, and lagi kebingungan soal wedding dress, maybe this can be an idea for you :)

So, all the best buat semua yang lagi pada persiapan wedding.. Kamu juga bisa baca artikel aku yang judulnya There is no "Perfect Wedding" di sini:


Be blessed! :)






3 comments:

Felisia Irma said...

Dear cella, aku sangat terberkati baca postingan km ini. Sama aku juga berdoa bt baju nikah. Dan Tuhan kasih sih beli jadi adjustable pula krn gampng nduut :p. Below 4 jt jg. Keep posting soal wedding ya! Gb

Anita Bong said...

Ci cella cantik pake wedding dress :D

Aku ga nyangka budgetnya bisa seterjangkau itu :D hahahah~ dan jadinya manis banget :D thank you for sharing :D

Autumn said...

Hi Cella,
Kamu bikin dress dimana ya? Aku uda nanya keliling biaya bikin wedding dress skg 20jutaan :o
Koq kamu bisa dapet below 10juta ya? Minta referensi yah kalo boleh hehe.. email aja k silviamegahsari@gmail.com
Thanks!

Post a Comment