Love Never Ends


Ini adalah kisah cinta dua orang yang aku kenal cukup deket. Jadi ceritanya hari Minggu kemaren aku khusus luangin waktu bareng mereka buat wawancara, supaya kisahnya bisa dimasukin ke buletin gereja. Seru banget bisa ngobrol and denger kisah dua sejoli ini (apalagi wawancaranya sambil makan Burger King, hahaha..) And setelah dipikir-pikir, sayang banget ya kalo cuma dimasukin ke buletin gereja.. So, aku minta izin deh ke mereka buat dipost ke blog ini.. And mereka setuju! Bahkan mereka seneng kalo kisah mereka ini bisa jadi berkat buat banyak orang, khususnya para singles :) Jadi, selamat membaca.. and just so you know, aku ga copy-paste ini dari buletin, karena di situ bahasanya rada formal.. jadi aku coba ketik ulang pake bahasa yang lebih santai.. and malah di sini ceritanya lebih lengkap lho, hehe.. Hope you'll be blessed!

Apa yang bakal terjadi kalo manusia menyerahkan kisah cinta mereka ke dalam tangan Tuhan?

"Love Never Ends", itulah tema pernikahan mereka...

1. PERTOBATAN

Rudy Pratama (Rudy), cowoq kelahiran '83 ini latar belakangnya Katholik dan dari SMP udah mulai bandel (ngerokok, pornografi, ikut genk2 gitu, dll..) But pas SMA kelas 2, pas dia umur 16 tahun, di situ dia alamin perjumpaan dengan Tuhan. Jadi dia diajak ret-reat gereja sama 1 temennya dan di situ dia didoakan dan dijamah Tuhan. Padahal awalnya dia mo ikut karena cuma pengen have fun and liburan, hehe.. Nah, setelah ret-reat itu hidup dia mulai berubah. Tapi karena kurang komunitas, jadi masih suka jato-bangun. Sampe akhirnya pas kuliah, di situ deh dia mulai temuin komunitas dan mulai join juga di gereja JKI Galilea tercinta ;) Pokoknya kalo liat tampang Rudy yang dulu ama yang sekarang itu beda banget deh! Kayak bumi sama langit, hihi..

Anyway, Rudy ini pernah pacaran 1 kali pas SMA. But karena satu dan lain hal, mereka akhirnya putus, dan hal ini bikin Rudy jadi takut sama yang namanya komitmen. Sejak itu jadi lebih banyak bangun hubungan yang ga sehat, kayak TTM-an (Teman Tapi Mesra) atau HTS-an (Hubungan Tanpa Status). Sampe akhirnya, karena hubungan yang kurang sehat itu, plus bertambahnya usia dan tuntutan orang tua juga (haha..), dia mulai sadar dan mulai berpikir untuk serius nyari seseorang yang punya kriteria untuk jadi seorang isteri dan bukan cuma sekedar untuk jadi pacar...

Beda dengan Pricillia Endang (Esil), ceweq kelahiran '84 ini punya background Budha. Dia belom pernah denger tentang Yesus sebelumnya. Sampe akhirnya thn 1997, dia harus pindah ke Amerika buat lanjutin SMP di sana. Dia tinggal sama tantenya yang Kristen. Dan di sana deh untuk pertama kalinya dia injekin kaki di gereja.. wow! Dan sejak saat itu, dia mulai aktif ikut persekutuan and macem2 kegiatan gereja. Akhirnya pas dia umur 16 tahun (koq bisa sama ya kayak Rudy? ;)) dia ambil keputusan buat dibaptis :)

Esil pertama kali pacaran pas SMA 3, dengan sahabatnya. Tapi ga bertahan lama karena mereka ngerasa kayaknya lebih enak jadi sahabat dari pacaran, haha.. Jadi mereka mutusin untuk bersahabat aja.. Dan terakhir, pas kuliah, dia sempet jalanin hubungan yang cukup serius ama 1 cowoq.. But ga happy-ending, karena tuh cowoq ngebohongin Esil, ternyata mama si cowoq ga setuju sama hubungan mereka dan si cowoq itu juga udah ga balik2 lagi ke Amrik.. So, after that relationship, Esil mutusin untuk ga mau pacaran dulu and fokus sama kuliahnya...

2. PERKENALAN

"Halo, ini Rudy ya?"

"Iya, ini siapa ya?"

Siapa sangka obrolan singkat di telepon interlokal ini, bisa jadi awal dari sebuah kisah yang panjang.. Saat itu status mereka sama-sama single dan kedua pihak keluarga udah saling kenal, karena mereka ini sebenernya ada hubungan sodara secara ga langsung (susah deh dijelasinnya, haha..) but mereka berdua blom saling kenal, cuma tau-tauan aja. Pernah ketemu sekali di bday party saudara, tapi cuman sekilas doang (Esil aja udah ga inget pas aku tanya ;p) Jadi intinya, mereka ini dijodohin! Wow! Sama siapa? Sama papanya Rudy, dan juga Kartika (Ika), adiknya Esil.. Mereka kasih nomor telepon Esil ke Rudy dan juga sebaliknya (kayak mak comblang gitu deh, hihi..) Awalnya Rudy ga mau. Apa-apaan sih dijodohin, kayak jaman Siti Nurbaya aja.. (ini aku yang ngomong mewakili Rudy, haha..)

Nah, karena dipaksa-paksa terus sama Ika, akhirnya Esil yang mulai telepon pertama (jauh2 dari Amerika boo..) dan gimana respon Rudy? "Aneh.. Bener-bener aneh.. But I tried to be nice.." ;)

Sejak telepon pertama yang singkat dan ga jelas mo obrolin apa itu, akhirnya malah jadi berlanjut.. Mulai sering contact lewat SMS (karena dulu blom ada BBM) dan mulai bisa ngobrol..

3. PENDEKATAN DAN...

Tahun 2007, Esil balik ke Indo buat liburan. Yang tadinya cuma 2 bulan, akhirnya jadi stayed 6 bulan di Jakarta gara2 kena usus buntu.. But ini juga bagian dari rencana Tuhan :)

Tepatnya 24 Juni 2007, akhirnya mereka ketemu and kenalan secara resmi untuk pertama kalinya! Woohoo! Rudy udah tau kalo Esil balik ke Indo. Jadi hari itu dia dateng ke rumah Esil, tapi dengan alasan mau balikin board games punya Ika (hahaha.. penting ga sih.. :p) padahal sebenernya karena pengen ketemu Esil.. So, selama 6 bulan itu Rudy sering main ke sana, mereka mulai sering pegi bareng, saling kenal lebih dalem, dsb. Esil diajak ke JKI Galilea juga.. Kesan pertama aku waktu ketemu Esil, dia keibuan banget and dewasa. Aku langsung setuju gitu rasanya kalo Rudy jadi sama dia, cocok jadi isteri, hihi..

Anyway, setelah dapet restu ortu, pemimpin rohani and setelah mereka ngerasa siap untuk jalanin komitmen, akhirnya tanggal 12 Desember 2007, mereka resmi jadian! Yay! :D

4. LONG DISTANCE RELATIONSHIP (LDR)

Tapi perjalanan masih panjang.. And ini kayaknya salah satu tahap yang paling menarik menurut aku :) After mereka jadian, justru mereka harus berpisah (secara fisik) and ini yang jarang terjadi pada pasangan2 yang lain.. Esil harus balik ke Amrik sampai kuliahnya selesai dan mereka harus jalanin LDR ini selama 18 bulan, tanpa ketemu sama sekali.. Wow! And banyak orang yang suka nanya ke mereka, "Gimana tuh rasanya? Susah ga sih?" but luar biasanya, mereka ga ada masalah tuh, haha.. Malah mereka menikmati banget masa2 LDR mereka. Why? Karena mereka udah punya komitmen yang kuat, saling percaya, and kerohanian mereka masing-masing juga kuat. Mereka selalu atur waktu untuk mereka tetep bisa komunikasi secara teratur (telp, Skype..) and banyak baca buku rohani yang membangun, khususnya tentang relationship.. Rudy yang awalnya ga percaya sama yang namanya LDR, ternyata sanggup lho jalanin selama 18 bulan. Dia bilang soalnya yang kali ini beda, yang ini memang layak buat ditunggu :) Pokoknya kalo udah omongin soal LDR, pasangan ini jadi salah satu teladan and inspirasi aku deh.. *thumbs up*

5. PERSIAPAN DAN PERNIKAHAN

Akhirnya, tahun 2009 Esil lulus and balik ke Indo for good! Yay! Good Bye LDR! Haha.. And selama 2 tahun, mereka bisa jalanin hubungan short distance.. Dalam 2 tahun ini, banyak juga yang terjadi.. Mulai dari adaptasi, mulai biasain bareng2 lagi after LDR, pikirin rencana ke depan, tunangan (oya! Aku lupa wawancara soal tunangan! Haha.. Tapi 2010 ya kalo ga salah pas aku lagi di Amrik?), trus persiapan pernikahan (ga gampang juga, terutama biasanya ribet karena pihak keluarga..) sampe akhirnya tanggal 25 September 2011, mereka menikah! Horay! And what a great wedding! I was there :)

Sekarang ini mereka juga lagi excited, because they are expecting their first baby! Kandungannya udah sekitar 5 bulan.. Uhuy.. Memang bener2 sesuai deh sama tema mereka, Love Never Ends.. And aku percaya kisah perjalanan cinta mereka ga berhenti sampe di sini, and ga bakal ada endingnya (namanya juga Love Never Ends, haha..) but sorry, ketikan aku harus berhenti sampe di sini ;p

"Mencari pacar dan calon pasangan hidup itu dua hal yang sangat berbeda. Jangan terlalu cepat memberi hati kita kepada orang yang bukan pasangan hidup kita. Dan buat yang sedang menjalani LDR, build trust and have faith! Jalani hubungan kalian semaksimal mungkin, dengan sikap yang positif dan juga dewasa :)" (Rudy-Esil)



Published with Blogger-droid v2.0.4


2 comments:

  1. Wahhh TUhan Yesus emang luar biasa yeehhhh.. bener2 punya cerita masing2 buat kita.hehehe..

    ReplyDelete
  2. Iya Kez, yg penting tetep percaya and jalan di track yang bener :)

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon