Chicken Pot Pie Recipe

Dari tadi pagi ampe siang gak beranjak dari dapur gara-gara bikin makanan yang satu ini... :p



Chicken Pot Pie ini adalah salah satu makanan favorite aku pas di Amrik :) My host mom sempet bikin beberapa kali, bahkan pas mo makan malem terakhir (sebelum aku balik ke Indo) dia tanya makanan special apa yang aku mau, and aku jawab, "I want Chicken Pot Pie!" haha.. But sayangnya waktu di sana, aku blom tertarik buat belajar cara bikinnya.. So, baru hari ini deh aku coba bikin sendiri, sambil nyontek resep-resep dari internet :p

Buat bikin makanan kali ini, aku ampe perlu 3 resep! Wew.. Yg pertama, resep buat crust-nya aku ambil dari SINI, buat filling-nya dari SINI, and buat baking mix-nya dari SINI.. Aku coba gabungin ya biar kalian gak pusing, hehe.. And ada beberapa yang aku ubah juga:


Ingredients

CRUST

3 1/4 cups flour
1 tsp salt
1 1/2 cups vegetable shortening
4-5 tbs ice water


FILLING

1 can Campbell's Cream of Chicken
1 pack frozen mixed vegetables
1 cup cooked chicken
1/2 cup milk
1 egg
1 cup baking mix


BAKING MIX

2 cups flour
1 tbs baking powder
1/3 tbs salt
1/4 cup shortening


How to Make?

BAKING MIX

1st step, aku bikin baking mix-nya dulu. Sebenernya ada yang instant, tapi karena gak ketemu, jadi aku coba bikin sendiri aja deh and gak susah juga ternyata, haha..

Masukin flour, baking powder and salt ke dalem food processor. Pulse 15 detik. Then, masukin shortening. Pulse lagi sampe jadi kayak powder.. kayak di foto nih.. and sisanya bisa disimpen nanti :)


CRUST

Mirip kayak cara bikin pie crust, cuma bedanya kali ini pake shortening (aku pake yang merk Crisco) and gak perlu pake butter.

Campur flour and salt dalem bowl. Trus masukin shortening, diaduk pake tangan sampe berbentuk kayak crumbs. Trus masukin air dingin dikit-dikit, jangan sekaligus ya.. Diaduk lagi pake tangan, sampe bisa dibentuk bola. Dibungkus pake plastic wrap and disimpen di kulkas sekitar 30 menit. Setelah itu baru di-roll and ditaro di loyang pie.

FILLING

Campur cream of chicken, vegetables (yang udah gak beku), cooked chicken, tuang ke loyang pie (di atas crust).

Campur milk, egg, baking mix. Tuang ke atasnya. (aku tambahin pie crust juga di atasnya) Bake 30 menit dengan suhu 204 C. Jadi deh! :)


*Sebenernya kalo gak mo pake crust juga bisa, cukup bikin filling sama baking mix aja. But dasar cella kerajinan, ya begini deh jadinya, haha.. Selamat Mencoba! :D

Published with Blogger-droid v2.0.9


3 comments:

  1. bagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.....

    ReplyDelete
  2. loh sejak kapan namanya berubah jd "Stoltzfus Family" ci? :p

    ReplyDelete
  3. Mba, beli shortening crisco di jkt dmn ya?

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon