Resep Bolu Kukus


Ini dia "Bolu Kukus" Christmas Edition! Haha.. Gaya bener yak.. Padahal jujur, ini pertama kalinya seumur hidup aku nyoba bikin bolu kukus lho.. belom pernah nih sebelumnya :p And denger dari omongan-omongan orang, kue ini sebenernya gampang tapi banyak juga yang gagal and kuenya kaga bisa ngembang..

Aku juga sempet gagal pas di awal, and uda hopeless rasanya.. padahal uda ngikutin resepnya dengan sempurna, sampe cara-cara ngaduknya juga kayaknya uda bener semua (aku ambil resepnya dari SINI) and dalem hati juga udah bilang, "ya udah gpp deh gagal kali ini, namanya juga baru pertama kali.." but masih penasaran, sambil search2 info di internet.. and akhirnya ketauan juga penyebab gagalnya.. you know what? Aku pake alat kukus yang salah, haha.. harusnya pake alat kukus yang lobangnya gede-gede, and jangan pake yang lobangnya kecil.. Nanti jadinya bantet kayak begini nih, hihi..


Nah, untung masi ada sisa setengah adonan.. jadi aku pindahin ke alat kukus yang bener, and jadi ngembang tuh dia! haha.. but yang bantet masi bisa dimakan and enak juga koq :p

Buat yang mo coba bikin, ini dia resepnya (udah aku modif dikit):


BOLU KUKUS

Bahan :

250 gram tepung terigu
250 gram gula pasir
3 telur ayam
15 gram ovalet
1 sdt baking powder
1/2 sdt vanili
200 ml soda fanta (aku pake sprite)


Cara membuat :


  • Kocok telur dan gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi selama 15 menit.
  • Masukan ovalet dan soda fanta/sprite,  kocok lagi selama 10 menit.
  • Masukan terigu dan bahan-bahan lain sambil terus diaduk dengan mixer kecepatan paling rendah.
  • Pisahkan sebagian adonan untuk diberi pewarna/pasta.
  • Tuangkan adonan ke dalam cetakan berlubang yang telah diberi kertas mangkok. Cetakannya yang seperti ini:
  • Lalu tuang adonan yang sudah diberi pewarna di bagian atasnya.
  • Segera kukus sampai matang dalam kukusan yang uapnya sudah banyak (+ 15 menit). Inget pake kukusan yang lubangnya gede-gede yah, hehe..

Selamat mencoba!! :)



0 comments:

Post a Comment

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon