JKI Galilea: Home of The King!

Kayaknya aku belom pernah post di sini soal JKI Galilea ya? Buat yang belom tau, JKI Galilea ini adalah gereja lokal aku and aku udah berjemaat di sini dari sejak taon 1998.. jadi udah hampir 15 taon! Dari aku masi culun and blom tau apa-apa soal kekristenan or pelayanan, ampe bisa jadi kayak Cella yang sekarang (udah gak culun lagi kan sekarang? haha..)

Jadi bisa dibilang JKI Galilea ini bukan cuma sekedar gereja, but udah kayak my 2nd family.. bayangin aja, more than half of my life aku habisin di gereja ini :p So, post kali ini aku pengen persembahin khusus buat mereka semua.. my spiritual family! hihi..

Honestly, 15 taon bukan waktu yang singkat.. and banyak banget yang udah terjadi.. dari yang hepi-hepi, antusias, on fire dsb. sampe hal-hal yang gak enak juga banyak.. perpecahan, jemaat keluar-masuk, konflik, bahkan kepikiran pengen pindah gereja juga pernah, haha.. but puji Tuhan, sampe saat ini aku masih tetep ada di sini :)


JKI Galilea bukan gereja besar.. saat ini kalo ibadah umum juga cuma sekitar 40-50 orang.. bahkan taon-taon ini bisa dibilang bukan taon yang mudah.. kita ngerasain penurunan, baik secara jumlah and juga antusias jemaat.. Banyak banget sebenernya orang-orang yang bilang, "ngapain sih lu bertahan di situ.. mending pindah ke gereja A atau B.. lu pasti bisa jauh lebih bertumbuh di situ.. and pelayanan lu juga bisa lebih berkembang.. orang kayak lu pasti cepet deh dapet pelayanan.." but Tuhan selalu ingetin aku satu hal:

Tuhan bukan mencari orang yang HEBAT,
tetapi Dia mencari orang yang SETIA.

Dan ternyata Tuhan bener-bener buktiin lho, kalo ternyata lewat gereja yang kecil ini, Tuhan tetep bisa pake hidup aku (and hidup anak-anak lainnya) untuk jadi pengaruh yang besar.. karena percuma aku punya pelayanan hebat and pindah ke gereja yang wow kalo aku gak punya dasar yang bener.. that's why aku sangat sangat bersyukur karena sejak awal Tuhan tempatin aku di gereja yang imut ini (makanya aku jadi imut-imut, hihi.. apa coba.. :p) and aku jadi bisa belajar tentang yang namanya kesetiaan :)

With my Pastor (PJ) and his wife :)

Lewat JKI Galilea, aku bisa lahir baru, mengenal Tuhan dan dibaptis.. aku juga belajar tentang yang namanya melayani.. pelayanan pertama aku dulu sebagai kolektan lho.. :) trus mulai jadi singer, WL, sekolah minggu and khotbah.. jadi aku pertama kali latihan khotbah juga di gereja ini, hihi.. sampe akhirnya jadi youth pastor.. Lewat gereja ini aku juga belajar tentang arti dimuridkan and tunduk sama otoritas.. dulu mah aku mana ngerti soal gituan, apalagi Cella yang keras kepala ini.. jadi diajar untuk punya hati yang lemah lembut :p



Trus lewat gereja ini juga, aku belajar tentang pentingnya komunitas.. karena jemaatnya gak banyak, jadi lebih gampang saling kenalnya, hehe.. and how to care with one another.. Aku juga bisa mulai nulis buku gara-gara gereja ini lho (thanks to my Pastor, PJ yang udah memulai and jadi inspirasi), trus bisa lahir Little Candles and aku jadi bisa ke Amerika juga through this church.. wow.. banyak banget deh pokoknya yang secara sadar or gak sadar itu mempengaruhi hidup aku..


I know, banyak banget gereja yang jauh lebih baik dari JKI Galilea and kita bisa dengan gampang nemuin and ngomongin hal-hal negatif tentang gereja ini.. mungkin kamu merasa gak bertumbuh, ngerasa gak sekompak dulu, udah kehilangan semangat dll. but aku cuma mo bilang, hey jangan pernah lupa dari mana kita berasal.. Tuhan udah pake gereja ini untuk ngebentuk hidup kita.. so now it's time to do something for this church.. Let's pray and bless this church!

Kemaren malem, aku kumpulin beberapa anak untuk doa bareng.. Kita doa khusus buat gereja, and pas doa, Tuhan ingetin aku (and Elvira juga) tentang Yehezkiel 37:1-14.. God said:

You see DRY BONES,
but I see a HUGE ARMY!

Mungkin seringkali kita ngeliat keadaan gereja kita kayak tulang-tulang kering.. mati, gak ada kehidupan.. jenuh, bosen.. udah males ah mikirin soal gereja.. kayaknya gak bakal pernah berubah.. and kita mulai bilang, "our bones are dried up, our hope is gone, there’s nothing left of us.."

But then God asked me, "Can these bones live?"

God, the Master, told the dry bones, “Watch this: I’m bringing the breath of life to you and you’ll come to life. I’ll attach sinews to you, put meat on your bones, cover you with skin, and breathe life into you. You’ll come alive and you’ll realize that I am God!”

Wow!! Ayo semangat.. jangan hopeless.. karena God bisa bangkitin and kasih kehidupan yang baru lagi untuk gereja-Nya! Bukan cuma buat JKI Galilea, but juga buat gereja-gereja kalian, para bloggers yang lagi baca post ini.. It's time for us to pray! Ambil waktu setiap hari untuk berdoa bagi gereja and juga buat jemaat.. sebutin nama mereka satu per satu and pray for them! And you'll see.. God is going to do great things through your church! Amen!!


I LOVE YOU ALL, GALILEANS!!! :)



2 comments:

  1. Indahnya hidup bersekutu :) tks 4 share Celaa:) tetep semangat nullis dan memberkati banyak org melalui tulisan2 mu yaa ^___________^

    Rlia :)

    ReplyDelete
  2. Luarrrrrr Biasaaaaa Toppppp Abizzzzz

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon