Back to Basic

Wah, gak berasa yah sekarang udah bulan Agustus.. dan bentar lagi kita akan ada di penghujung taon 2012.. wow!! So, how's life in 2012 so far?? For me, personally.. 2012 is really really amazing!! Ini bener-bener taon yang special and unforgetable.. Secara pribadi, aku alamin banyak breakthrough dan pertumbuhan juga, khususnya dalam kerohanian.. Wah, koq bisa? Apa rahasianya? Nanti aku kasih tau ya.. tapi yang pasti bukan karena taon ini taon naga lho ya, hahaha.. tenang aja, aku gak pernah percaya gitu-gituan :p

But anyway, meskipun taon ini merupakan taon yang amazing buat aku, belum tentu orang lain juga mengalami hal yang sama.. Justru sebaliknya, hari-hari ini aku denger makin banyak curhatan orang-orang yang lagi dalam kesulitan, baik dalam kerjaan, study, keuangan, keluarga, hubungan, pelayanan, dll... Semua orang pasti punya masalah, termasuk aku juga punya masalah koq ;) Tapi ini nih yang mau aku share and bagiin ke kalian.. Ini kunci and pegangan aku selama aku jalanin taon 2012 yang bikin aku bisa tetep kuat and gak kebawa arus, hehe..

Setiap kali ada orang yang curhat tentang masalah mereka, aku biasanya akan tanya pertanyaan ini ke mereka:

"Gimana hubungan kamu sama Tuhan? Gimana saat teduh kamu? Masih doa dan baca Alkitab gak?"


Dan sebagian besar dari mereka, kamu pasti udah bisa tebak apa jawaban mereka :p Yup, rata-rata mereka udah mulai jarang saat teduh.. bahkan ada juga yang udah gak saat teduh sama sekali, karena terlalu sibuk, terlalu banyak masalah dan banyak alasan lainnya.. And you know what, sebenernya itu akar masalahnya! Itu masalah utama yang harusnya diberesin..

Sebelum masuk taon 2012, as usual, aku suka ambil waktu doa puasa 3 hari di Bukit Doa Ungaran and bener-bener minta pesen yang spesifik dari Tuhan buat masuk taon yang baru.. Apalagi pas saat itu, aku lagi bingung banget sama hidup aku.. Sepulang dari Amerika, kayak gak tau gitu musti ngapain and melangkah ke mana, haha.. Dan waktu itu Tuhan kasih Imamat 26:1-13, itu semua ayat-ayat isinya tentang berkat. Aku percaya kita semua pasti pengen dapet berkat-berkat itu.. but ternyata, ada 1 syaratnya, and itu ada di ayat yang ke-3:

"Jikalau kamu hidup menurut ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada perintah-Ku serta melakukannya..."

Dengan kata lain.. kalo kita mau peroleh BERKAT, kita harus TAAT! And setelah baca ayat ini, aku bilang ke Tuhan: "Ya Tuhan, aku mau taat.. Apa yang Kau mau aku lakukan di tahun 2012 nanti? Di area mana aku masih sulit untuk taat?"

Dan jawaban Tuhan bener-bener simple: "...dalam hal saat teduh..."

Wew! Saat teduh? Bukannya selama ini aku udah saat teduh setiap hari ya? haha.. But aku mulai nangkep apa maksud Tuhan.. Dia mau aku tingkatin komitmen aku lebih lagi dalam saat teduh, gak cuma sekedar doa or baca Alkitab.. atau saat teduh pas ada free time doang.. but Dia bener-bener minta aku untuk make a special time for Him everyday.. and bukan cuma everyday, but every morning, tepatnya subuh! Haha.. And just so you know, aku paling susah bangun pagi!! Kalo bisa milih sih, pengennya bangun siang aja :p But justru karena aku lemah di area itu, Tuhan mau ajar aku untuk TAAT..


Awalnya, berat boo... kebablasan mulu, gak bisa bangun, hihi... but gak pernah nyerah and aku juga cari partner untuk bangun pagi bareng (tiap pagi kita misscall2-an) biar lebih semangat :) Alhasil, mulai terbiasa.. bahkan kadang meskipun begadang or gak pake alarm, juga bisa kebangun otomatis, haha.. Biasanya abis bangun, aku cuci muka and sikat gigi dulu, abis itu baru mulai doa and worship.. Then baca Bible sambil journaling (alias nulis2 apa yang aku dapet dari saat teduh hari itu).. And itulah rahasianya kenapa taon 2012 ini jadi taon yang luar biasa banget buat aku and banyak banget janji-janji Tuhan yang digenapi di hidup aku taon ini :)

Tiap pagi selalu ada aja Firman yang Tuhan kasih.. Jadi meskipun ada masalah or tantangan, or meskipun keadaan orang-orang sekitar lagi pada lemah, aku tetep bisa responin sesuai dengan Firman Tuhan.. Keadaan memang gak berubah, masalah tetep ada.. tapi sikap dan respon hati aku yang berubah.. Aku jadi bisa melihat segala sesuatu dari sudut pandang Tuhan :) Ada juga saatnya aku lemah or down.. but selalu bangkit lagi, hehe.. Coz I always remember my commitment with God and His promises for me this year.. Aku mau TAAT apapun juga yang terjadi..

So, kalo ada temen-temen yang lagi punya masalah or ngerasa taon ini berat banget buat kamu, aku cuma mau kasih solusi ini: perbaiki hubungan kamu sama Tuhan.. karena waktu hubungan kamu ama Tuhan beres, baru hal-hal yang lain bisa beres :) Jangan fokus sama masalahnya, tapi fokus sama sumber jalan keluarnya, yaitu Tuhan sendiri. Memang ini hal yang basic banget.. justru karena terlalu basic, kadang-kadang kita jadi lupa, hehe.. padahal ini hal yang paling penting lho dalam hidup kekristenan kita.. Ayo, semangat! Back to basic! Back to GOD! :D

Dedicate yourself to God every morning.
It's amazing what happens when you give God your time. (Joyce Meyer)




3 comments:

  1. setujuuu cii..
    and thanks uda ingetin aku lgi..
    skg uda kerja jadi mkin sibukk,, tp sbnrx smkin sibuk, jm doa n saat teduh pun kudu mkin kenceng..
    mohon doanya ya ci.. :)

    ReplyDelete
  2. Setuju,saya juga sudah melakukannya,setelah ke klinik PAPA hidup saya jd lebih antusias..(korban tong fang)
    ckckck.. tp serius,Allah kita Allah perjanjian..klau kita komit sm DIA,terlebih DIA akan lebih komit sm kita..

    ReplyDelete
  3. Very encouraging :) thanks for reminding us for have intimate time with our King :D hehehe~ Gbu~

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon