Now I Know... :)

Setelah 26 tahun menjalani dunia persilatan sebagai orang single (apa coba, haha..) sekitar 1,5 tahun menjalani dunia pacaran (khususnya pacaran jarak jauh) and almost 2 tahun menjalani dunia pernikahan, sekarang aku lagi masuk and menjalani yang namanya dunia kehamilan, haha.. Dunia yang baru yang harus aku jalanin sebelum aku masuk ke yang namanya dunia parenting.. Setiap fase dalam hidup kita itu seru, and kita gak bakal bisa share ke orang lain kalo kita belom pernah ngalamin and belom pernah ada di fase tersebut :)

Jadi sorry nih kalo blog aku sekarang ini lagi penuh sama post soal kehamilan, haha.. because that's where I am in right now :)

Ngomongin soal kehamilan, aku bukan termasuk orang yang banyak pengetahuan soal ini. Soalnya dulu waktu single kan aku senengnya baca buku-buku soal singleness, relationship, marriage.. jadi lumayan ahli lah kalo ngomongin soal hubungan, haha.. But kalo bahas soal kehamilan, aku cuma tau yang umum-umum aja, yang biasanya kita sering denger dari orang-orang.. Kayak misalnya, nanti pas hamil bakalan ngidam kepengen makan ini or makan itu.. Atau nanti pas hamil bakal ada yang namanya morning sickness.. But aku gak pernah tau hal-hal yang terlalu details soal kehamilan.. And gak pernah ada gambaran juga hal apa aja yang bakal terjadi selama aku hamil..

Aku gak pernah banyak tau juga tentang yang namanya miscarriage atau keguguran. Sampe aku ngalamin and lewatin fase itu, baru deh aku jadi belajar banyak tentang keguguran and jadi bisa share pengalaman aku ke orang lain juga.

Dunia kehamilan itu unik. Setiap orang pasti punya ceritanya sendiri-sendiri. Sejak hamil, aku baru tau and bisa ngerasain betapa luar biasa sensitif nya panca indra kita, hahaha.. Buat beberapa orang (termasuk aku) first, kita jadi sensitif banget sama bau. Bau dari kejauhan aja bisa kecium. And rata-rata semua bau bikin kita mabok, wkwkwk.. Bau makanan, apalagi bau nasi yang baru dimasak (pokoknya aku harus ngumpet di kamar kalo DM lagi masak), bau sabun, shampoo, perfume, lotion, termasuk bau suami, haha.. Selama seminggu ini juga lagi ada tukang di rumah yang benerin kamar mandi, rumah jadi berdebu and bau cat, bikin tambah mabok deh.. Gak kebayang gimana ibu-ibu hamil yang saat ini ada di Kalimantan Tengah yang tiap hari harus bergumul sama kabut asap (I'm praying for you all! Supaya Tuhan kasih kekuatan. Amin.)

Kedua, jadi sensitif sama rasa.. Makanan yang biasanya doyan, jadi gak doyan lagi. Aku juga jadi tau kalo ternyata pas hamil kita jadi sensitif banget sama rasa odol. Harus gonta-ganti odol, cari rasa yang bikin kita gak eneg. Aku juga sikat gigi jadi cuma sehari sekali, karena suka takut muntah. Buat sikat gigi aja kayaknya penuh perjuangan :p Ketiga, jadi suka sensitif sama bunyi.. jadi lebih gampang kaget or deg-degan.. gak suka denger yang kenceng-kenceng atau yang bikin tegang.. Mungkin karena sekarang jantungnya udah ada dua kali ya, haha.. Keempat, aku juga jadi ga suka kena air.. Makanya jadi rada males mandi, apalagi keramas :p Ga tau kenapa bisa begitu, wkwkwk.. But sekali lagi, tiap orang gak selalu alamin hal yang sama, that's why hamil itu unik :)


Selain itu, aku juga jadi tau and mulai ikutin perkembangan bayi di dalam kandungan setiap minggunya. Jadi lebih banyak tau juga soal ultrasound and test-test apa aja yang harus kita lewatin. Tau tempat-tempat USG yang gratisan juga, wkwkwk.. Mulai banyak baca buku tentang kehamilan and proses lahiran. Rasanya ya bener-bener kayak masuk ke dunia yang baru. So, never stop learning and enjoy every season in your life :)

Terakhir, jangan pernah banding-bandingin kehamilan kita sama kehamilan orang lain. For me, kehamilan aku kali ini sickness nya termasuk lumayan parah. Kalo mo liat orang lain, banyak banget yang proses hamilnya lebih gampang dari ini, tapi ada juga yang malah lebih parah. Semua itu kedaulatan Tuhan, hehe.. But at the end, kita semua sama-sama dipanggil Tuhan untuk jadi seorang ibu. We have a very special calling.. Mo gampang or susah prosesnya, mo lebih gede or lebih kecil perutnya, wkwkwk.. ga usah liat kiri-kanan, just run your race sampe ke garis finish! :)


Intinya, meskipun proses hamil itu luar biasa, aku gak kapok koq untuk hamil lagi nantinya, hihi.. kalo bisa sih kepengen minimal punya 2 anak (3 sih kalo bisa :p) DM selalu
bilang, "Dasar, yang ini aja belom keluar, udah mikirin yang berikutnya.." haha..

So buat ibu-ibu yang lagi hamil juga, sama-sama semangat ya.. Inget kalo kita hamil bukan cuma sekedar untuk punya anak, but kita lagi menjalani panggilan Tuhan untuk melahirkan suatu generasi yang baru.. Jadi kita gak boleh nyerah and harus berani untuk bayar harganya.. Terus doain supaya anak kita bukan cuma jadi kuat and sehat, tapi juga bisa jadi dampak and pengubah sejarah nantinya di generasi mereka.. Amin.


Now I know that pregnancy is a beautiful calling from God :)


1 comments:

  1. Cella hebat ga kapok walau pun trimester pertamanya lumayan berat. Aku yang ga berat aja kapok Hahahaha. Seneng pas ada yang gerak-gerak di perut, tapi tiap inget sakit yang harus dialamin, mikir berkali-kali. Makanya sekarang nunda.

    Tetap sehat ya sampai si kecil lahir. Semoga semuanya lancar2 Amin.

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon