Perempuan Seharusnya...

Welcome October! Ini akan jadi post terakhir aku sebelum aku berangkat ke Thailand besok (biar bisa mengobati rasa kangen kalian nanti, wkwkwk.. padahal cuma 2 minggu doang :p) I just wanna share something yang aku dapet dari sebuah buku lama yang lagi aku baca hari-hari ini.. Mungkin sebagian dari kalian juga udah tau, judulnya Passion and Purity by Elisabeth Elliot..

Buku yang satu ini bahasanya mungkin emang agak beda sama buku-buku relationships zaman sekarang, namanya juga old book.. but just so you know, buku ini nih yang udah menginspirasi lahirnya buku-buku and penulis-penulis terkenal seperti Joshua Harris or Eric & Leslie Ludy yang kita kenal sekarang.. Mereka juga baca buku ini :)

Ada banyak buanget point yang aku suka dari buku ini (ampe penuh ama stabilo tuh buku, haha..) and memang pas juga sama kebutuhan aku hari-hari ini sebagai seorang wanita single, yang melayani para singles juga, hehe.. jadi buat yang belom pernah baca, ayo kudu beli buku ini! (jadi promosi :p)

Nah, salah satu bab yang menarik adalah waktu dia bahas tentang perbedaan peran perempuan dan laki-laki.. Sadar gak sadar, sekarang ini peran perempuan and laki-laki tuh udah mulai banyak yang kebalik, and gak sesuai lagi sama tujuan semula waktu Tuhan ciptain Adam dan Hawa.. Perempuan cenderung lebih "agresif", bahkan banyak juga yang ngejar and nembak cowoq duluan.. (bener gak?) Laki-laki jadi lebih pasif and mereka cuma tinggal nunggu telpon dari si ceweq.. ga kebalik tuh?! Ini nih asal mulanya:

"Adam dan Hawa membuat kekacauan ketika mereka membalik peran mereka. Hawa mengambil inisiatif, menawari Adam buah terlarang, dan Adam , yang seharusnya mengambil peran sebagai seorang pelindung, berespon dan berdosa bersama Hawa. Sejak saat itu terjadilah kekacauan." (page 126-127)


Banyak para singles (terutama ceweq) yang mulai bertanya-tanya.. emang salah ya kalo ceweq yang nelpon or BBM cowoq duluan? Salah ya kalo kita yang ngajak cowoq pergi? Emangnya gak boleh ya kalo kita yang "nembak" or cuma nyatain perasaan aja.. biar doi tau gitu kalo kita ada feeling sama dia.. Masa gak boleh sih?!

Pertanyaannya adalah.. kenapa pertanyaan-pertanyaan itu bisa muncul? Apa karena kalian gak sabar buat nunggu? Ngerasa gak ada cowoq yang ngejar kalian? Ato sebenernya kalian juga udah sadar kalo tuh cowoq gak suka sama kalian, but kalian kejar terus? :p

Laki-laki diciptakan menjadi seorang inisiator. Perempuan diciptakan untuk menjadi penerima, pemberi respon.

Inget, kalo Tuhan udah design kita (laki-laki and perempuan) dengan perannya masing-masing.. Tuhan ciptain kita sebagai perempuan untuk jadi sosok yang feminine, dan bukan agresive.. menunggu, dan bukan mengejar.. Kalo Elisabeth Elliot bilang, "Biarkan laki-laki yang mengejar!" (dan biarin mereka penasaran sama kita, haha..) Karena menurut survey, para pria tuh lebih tertarik sama ceweq yang harus mereka kejar and mereka perjuangin.. daripada sama ceweq yang ngejar-ngejar mereka, haha.. (bener gak para pria?)

Jangan buka hati kita sembarangan, and jangan cepet ke-GR-an juga.. "wiihh.. kayaknya doi suka ama gw juga deh, soalnya dari kemaren doi kayak ngeliatin gw terus.." ato ada juga ceweq-ceweq yang gak sabaran, "Tuhan ngomong ke gw kalo cowoq itu jodoh gw, dan gw udah sampein ke dia kemaren.." *gubrak* Kalo itu emang bener-bener dari Tuhan, aku percaya Tuhan juga bakal ngomong langsung secara pribadi ke dia.. jadi please keep it in your heart and jangan ngomong ke dia.. tunggu timing-nya Tuhan.. sabar.. sabar.. :p


Pelajaran bagi para lelaki adalah mereka harus melakukan sesuatu. Pelajaran bagi para perempuan adalah tidak melakukan apa-apa.

Belajar untuk tinggal tenang sampe bener-bener ada pernyataan dari si cowoq kalo dia emang suka sama kamu.. jangan mikir and berandai-andai yang macem-macem dulu.. bawa dalam doa and be silent.. jangan sibuk ceritain tentang si doi ke semua orang, atau sibuk "teror" si doi dengan BBM atau SMS yang mungkin keliatannya rohani (hihi..), tiap saat kirimin ayat, kata-kata membangun, dll. yang tujuannya sebenernya buat menarik perhatian dia.. (hayo.. jujur..) and sebenernya semua itu malah bakal bikin dia makin risih lho.. and malah mo menjauh dari kamu mungkin.. Pokoknya, diem aja deh.. and don't do anything! Bisa gak? haha.. Biarin si cowoq yang ngejar kamu, telpon kamu, cari tau tentang kamu, and biarin dia yang "berusaha" minta ke Tuhan supaya dia bisa dapetin kamu, hehe.. And biarin Tuhan yang bertindak :)

A woman's heart should be so lost in God that a man must seek Him in order to find her.


Perempuan seharusnya... kembali kepada perannya yang semula. Izinkan sang pria memperlakukanmu, sama seperti Tuhan memperlakukan gereja-Nya. Sebagai gereja (mempelai perempuan) kita harus menantikan kedatangan Tuhan (mempelai pria) dengan mempersiapkan diri kita sebaik mungkin.. dengan membangun kecantikan kita yang sesungguhnya, yaitu..

"...perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram yang sangat berharga di mata Allah."


Another related post:



3 comments:

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon