A Single Story

Setiap kali denger kata "Amerika" pasti kebanyakan orang bakal mikir "kota besar", "Hollywood", "Disneyland", "banyak artis & orang kaya", "trend and fashion", "modern" and segala macem hal yang bikin kita "wooww..!"

Semua itu memang bener, memang kenyataan, but it's only a single story about America..

I wanna tell you another story about America :)

Agustus 2010, untuk pertama kalinya aku injekin kaki di tanah Amerika (aku ikut program yang namanya IVEP) Pas pertama kali, aku transit di Los Angeles and itu memang bener-bener kota gede banget! Kayak yang di film-film gitu.. But abis itu aku terbang & menetap selama 1 minggu di Akron, Pennsylvania.. kota kecil, sepi, kayak di desa, haha..

But itu belom seberapa, setelah 1 minggu di Pennsylvania, akhirnya aku menetap di Dover, Ohio (sekarang uda hampir 8 bulan tinggal di sini) and bener-bener beda banget sama pandangan orang-orang tentang Amerika.. Di sini sepi, penduduknya seneng bertani/berternak gitu (bener-bener deso banget ya :p) ga ada public transportations (jadi rajin jalan kaki & naik sepeda) and... (ini nih yang paling menarik) ada sekelompok orang yang disebut "The Amish".

Mereka hidup sederhana banget.. Tanpa listrik, tanpa mobil, tanpa tekhnologi, bener-bener hidup alami. Mereka punya kendaraan sendiri yang kita sebut "Horse & Buggy" (musti sabar kalo mobil kita pas di belakang dia, haha..) and mereka juga berpenampilan beda sama kita.

Para pria rata-rata selalu pake topi & punya beard (alias jenggot, haha..) And para wanita selalu pake head-covering plus baju panjang yang mereka jahit sendiri. Jadi ga susah buat tau mana orang-orang yg termasuk Amish mana yg bukan.

Mereka juga punya bahasa sendiri, yang namanya Pennsylvania Dutch (mirip2 German gitu deh..) jadi mereka jarang ngomong pake bahasa Inggris. And mereka juga punya card game yang namanya "Dutch Blitz" (I love that game so much!! hihi..)

But, selain "The Amish" ada juga kelompok orang yang disebut "Conservative Mennonite". Mirip2 Amish, tapi mereka pake listrik & bisa nyetir mobil. Cuma baju & penampilannya agak mirip, hehe..


Memang sih banyak orang yang kurang setuju sama cara hidup mereka, banyak pendapat negatif tentang mereka, but setidaknya kita bisa coba teladanin hal-hal yang positif. Aku sempet kenal beberapa orang dari kelompok mereka and aku merasa diberkati. Mereka mengasihi Tuhan, mengasihi keluarga, sesama & mengasihi lingkungan (alam) juga. Bener2 seneng liat cara hidup mereka yang sederhana. Belajar tentang simplicity dari mereka...


So, now.. what do you think about America? :)

1 comments:

  1. i guess do not so quick to judge if we havent see the whole BIG picture, even if we know the whole Big picture..choose love instead of judge..
    stereotype is everywhere in every country, we think its okay until we are the one who's treated that way..

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon