Life is About Choices

Judul post ini muncul tepat minggu lalu, pas siang-siang.. udara lagi panas bangett.. and aku bener-bener lagi kepengen makan es krim (hehehe..) en pas aku buka kulkas.. wow! Ternyata my dad punya persediaan stock es krim Magnum banyak bener di kulkas! And rasanya juga beda-beda semua lagi.. wahh.. jadi happy, but sekaligus bingung.. hmm.. mo makan yang rasa apa ya?!?! :p

Coba tebak, kira-kira mana yang akhirnya aku pilih?! hihihi...

Hidup kita ini penuh sama yang namanya "pilihan". Dari mulai melek pagi-pagi, kita langsung dihadapin sama pilihan: mau bangun ato tidur lagi?! (hayo, mana yang biasanya kamu pilih? hihi..) Trus pas udah bangun, kita punya begitu banyak pilihan kegiatan yang mo kita lakuin: mau saat teduh ato mandi ato mainin iPad dulu ya?! Then, pilihan mo pake baju yang mana.. warna apa.. dan lain sebagainya.. Dalam sehari kita juga berkali-kali pasti mikir, "Mo makan apa ya?!" hmm.. Dan itu terus kita hadapi setiap hari lhoo.. Life is about choices!

Tuhan memang kasih kita pilihan (or kehendak bebas) untuk kita tentuin mo seperti apa kita jalanin hidup ini.. karena Dia bukan Tuhan yang suka memaksa.. Dia mau supaya kita bisa belajar menentukan pilihan :) Kita bisa memilih untuk memulai hari ini dengan happy or dengan BT.. ketika masalah dateng, kita bisa memilih respon mana yang mau kita ambil.. mau tetep bersyukur or mengeluh.. mo bertobat or jato dalam dosa lagi.. mo kecewa or mo balik sama Tuhan.. semua itu pilihan..

Kita memang gak bisa pilih mo dilahirin di keluarga mana and dalam keadaan yang seperti apa.. Soal yang satu itu, kita bener-bener gak bisa milih.. BUT.. inget, kita bisa pilih kehidupan seperti apa yang mau kita bangun and kita jalanin.. Meskipun kita lahir di keluarga yang berantakan or lahir dalam kondisi yang gak normal, bukan berarti kita gak bisa hidup bahagia and jadi orang yang berhasil :)

Kemaren ini pas aku lagi buka Yahoo, gak sengaja ngeliat satu artikel tentang seorang wanita asal Texas yang namanya Lizzie Velasquez, yang saat ini usianya 23 tahun.. And dia dikenal dengan julukan "World's Ugliest Woman" alias wanita terjelek di dunia! Wow! Can you imagine that? Gimana rasanya dikasi julukan kayak gitu? And pas baca artikelnya, aku bener-bener merinding.. plus jadi penasaran.. soalnya Yahoo gak pasang fotonya.. jadi aku search deh di google, and ternyata banyak banget informasi tentang dia.. kamu bisa liat beberapa fotonya di bawah ini:



Katanya, Lizzie adalah 1 di antara 2-3 orang di dunia yang alamin kondisi seperti ini.. jadi kelainan ini bener-bener langka banget.. dia lahir tanpa otot and lemak, jadi gak bisa gain weight.. dia harus makan lebih dari 60x sehari supaya punya tenaga.. and ada kelainan juga di salah satu matanya.. pokoknya secara fisik, dia bener-bener "aneh".. Dari kecil, dia juga selalu jadi korban bully di sekolah.. bahkan di media juga.. dia sempet dapet julukan "Ugliest Woman on YouTube"! Kebayang gak tuh gimana perasaannya? And gimana kalo kamu yang jadi dia? Aku juga sempet mikir, "Gimana ya kalo gue yang jadi dia? Apa ya kira-kira yang bakal gue lakuin?" hmm..

Lizzie pastinya punya pilihan.. Pilihan yang terbesar, dia bisa aja kecewa, sakit hati dan ujung-ujungnya mungkin bunuh diri.. Gak ada gunanya juga hidup kalo tiap hari cuma di-bully terus sama orang-orang.. Maybe kebanyakan orang bakal mikir begitu.. but you know what, Lizzie mengambil pilihan yang beda.. saat ini di usianya yang baru 23 tahun, dia udah jadi seorang pembicara motivator and penulis buku terkenal.. dia juga udah selesaiin pendidikannya.. Hidupnya yang penuh kekurangan itu, udah jadi inspirasi bagi banyak orang (bahkan bagi orang-orang yang mungkin bisa dibilang jauh lebih sempurna secara fisik) "She shows the world what REAL beauty is all about.." wow! Jadi pengen ketemu dia langsung rasanya, hahaha..


Mantep banget yaa.. kamu bisa search lebih banyak info lagi tentang dia di google.. But anyway, mungkin kita gak ampe alamin kayak yang Lizzie alamin.. but I'm sure, dalam hidup kita ini pasti kita punya challenge masing-masing.. Aku juga gak pernah hadepin tantangan yang seberat dia, but ada saat-saat di mana aku juga harus hadepin yang namanya pilihan..

Waktu awal 2009, (aku udah sempet ceritain ini di buku aku yang "The Matter of Heart") aku sempet didiagnosa kena penyakit TBC alias tuberculosis, yang saat itu udah nyerang setengah paru-paru aku.. Awalnya aku pikir aku cuma batuk-batuk biasa, makanya aku gak cek ke Rumah Sakit, cuma ke dokter2 umum yang deket rumah.. But aneh juga, soalnya udah 3 bulan lebih gitu nih batuk koq gak ilang2.. and aku secara fisik juga nge-drop banget.. badan selalu lemes.. Sampe akhirnya, aku harus cek ke Rumah Sakit karena waktu itu aku mo berangkat ke China (takut di sana ntar kenapa2 kan bahaya..) eehh.. ternyata, kena TBC.. and sempet bengong juga pas dikasi tau dokternya.. koq bisa yaa?! Aku gak tau dari mana sumbernya.. but setelah aku inget2, aku kayaknya mulai batuk tuh pas pulang dari pelayanan di penjara (ketuleran lewat microphone yang aku pake kayaknya) and sepanjang awal taon itu tuh aku juga emang lagi sering banget puasa, jadi secara fisik mungkin lagi kurang kuat..

Pulang dari RS, aku bener-bener diem aja.. selain karena kaget denger hasilnya, aku juga jadi bingung soal rencana aku ke China.. apalagi waktu itu di China lagi ketat banget pemeriksaan kesehatannya, gara2 lagi ada wabah flu burung.. and TBC juga salah satu penyakit yang paling diwaspadain sama negara2 tertentu.. Waahh.. masa batal sih ke China?! Padahal itu impian aku bangett.. negara yang aku pengen kunjungin banget dari dulu.. hiks.. hiks..

Saat itu rada galau juga pokoknya, aku bahkan sempet nangis pas lagi khotbah di mimbar, haha.. (but aku gak ceritain soal penyakit aku ini soalnya mereka suruh rahasiain and gak boleh cerita ke orang2) Pokoknya saat itu aku dihadepin sama pilihan.. mo kecewa sama Tuhan, or tetep percaya?! Gampang rasanya untuk kecewa sama Tuhan.. aku punya alasan yang kuat.. kenapa aku abis puasa and pelayanan buat Tuhan, eh malah dapet sakit beginian.. masuk akal banget kan tuh, hihi.. But saat itu aku doa and bilang ke Tuhan, "Lord, I will trust in You.." aku juga berdoa buat kesembuhan.. aku percaya Tuhan punya rencana lewat penyakit ini.. Dia pasti mau ajar aku sesuatu, sama kayak kisah Ayub.. Saat itu aku cuma doa and doa.. sambil terus jalanin pengobatan selama 1-2 tahun.. sampai akhirnya aku bener-bener sembuh :)

Tuhan juga tunjukin kuasanya.. Aku tetep bisa berangkat ke China! Waktu hari-hari terakhir sebelum berangkat, kondisi badan aku mulai fit and bahkan selama 3 minggu di sana, aku bener-bener sehat.. Puji Tuhan.. Waktu medical check-up untuk ke Amerika (tahun 2010) aku juga sempet tegang banget.. karena saat itu TBC nya juga masih ada.. apalagi Amerika gitu lho, lebih ketat lagi soal gini-ginian.. bisa aja sih kalo minta dokternya bikin surat keterangan palsu, wkwkwk.. but aku pilih untuk tetep jujur (pilihan juga tuh, hihi..) sambil doa.. kalo memang God kehendakin aku berangkat, aku pasti berangkat.. And ternyata apa yang jadi ketakutan aku itu gak terjadi sama sekali.. dari pihak di Amerika, gak ada omongan sama sekali tuh soal kesehatan aku.. mungkin mereka gak bisa kebaca kali ya tulisan dokternya, hahaha.. pokoknya luar biasa deh.. Dari situ aku belajar, Tuhan ijinin penyakit ini supaya aku bisa liat kuasa-Nya bekerja lebih lagi.. and selain itu, aku juga bisa jadi kesaksian.. jadi bisa lebih ngerti juga rasanya orang-orang yang lagi kena penyakit TBC ini.. jadi bisa encouraging mereka juga.. Pokoknya, Tuhan baik! :)

Sekali lagi, hidup ini pilihan.. Apa yang kamu pilih hari ini akan menentukan masa depan kamu.. The choice is in your hands.. What is your choice today? :)


Ada yang bilang, hidup itu berawal dari B (Birth) dan berakhir di D (Death). Tetapi di antara huruf B dan D ada huruf C (Choice).



3 comments:

  1. WOOOW WOWWW Cella tks 4 share this article baguss Cel ^^ tkyu GBUU
    Rlia

    ReplyDelete
  2. Thank for share again Cella..Great :) Wanita tersebut pernah ditampilkan beberapa kali di tv swasta beberapa saat lalu karena kondisi fisiknya dan kalau kita perhatikan tiap pribadi yang kita kenal seperti Lizzie, Nick Vujivic & pribadi-pribadi lainnya yang mungkin tidak semua kita ketahui, mereka adalah pribadi yang dasyat yang menyadari bahwa Tuhan menciptakan mereka bukan kebetulan dengan kondisi seperti itu & tentunya yang terpenting selama proses hidup yang berat tersebut mereka bisa memutuskan hal yang tepat buat hidupnya :)

    Kita jadi belajar banyak dalam kehidupan pribadi-pribadi seperti ini. Salah satu contoh yang simpel, kita yang kondisi fisiknya lebih lengkap dibanding mereka terkadang menyianyiakan waktu untuk melakukan aktivitas yang terkadang mereka rindukan. So tetap memilih yang benar dan selaras dengan apa yang Tuhan mau dalam hidup kita, amin :)

    ReplyDelete
  3. Wow,, lewat artikel ini jd di ingetin lg,, thanks ci,, ak kmrn itu jg baca artikel ttg Lizzie,,Lewat biografi dia, ak jd lebih bisa mengucap syukur..Gbu

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon