Plan Your Marriage, Not Only Your Wedding

Baru pulang dari acara wedding lagi nih :p Maklum udah bulan Oktober, musim kawin, hehe.. And seperti biasa, tiap kali pulang dari acara wedding, aku selalu suka mikir and dapet ide-ide.. "Gue pengen deh ntar di acara wedding gue bisa ada ini.. itu.. acara ini.. acara itu.. dan lain sebagainya.." apalagi tipe orang perfeksionis kayak aku gini, pasti bakal full of details banget deh kalo yang namanya ngurusin acara :p And beberapa di antara kalian pasti juga pernah kan mikirin kayak gitu, hihi..


But pas lagi mikirin itu, tiba-tiba aku keingetan sebuah buku karangan Gary Chapman yang pernah aku baca, yang judulnya Things I Wish I'd Known Before We Got Married, bisa baca di post aku yang ini juga:


Di situ dibilang:

Before you plan your wedding, plan your marriage.

And that's true.. Banyak pasangan yang sibuk siapin acara pernikahan mereka (mo bentuk undangan yang kayak gimana, baju penganten model apa, kue penganten berapa tingkat, haha.. siapa aja yang mo diundang, dan lain sebagainya..) sampe lupa untuk siapin hal yang lebih penting, yaitu kehidupan pernikahan itu sendiri.. Gak heran kalo banyak pasangan yang acara wedding-nya WOW banget, super mewah and heboh, but abis itu ujung-ujungnya malah berakhir dengan perceraian :(

Wedding is only for one day, but marriage is for a lifetime!

2 minggu di Thailand bareng keluarga ci Lia kemarin ini, bener-bener membuka mata aku juga untuk bisa ngeliat lebih jelas tentang yang namanya kehidupan pernikahan.. Terutama untuk pasangan muda yang baru punya anak dan hidup jauh dari keluarga, tanpa suster or pembantu.. It's not easy.. But aku jadi banyak belajar dari mereka.. Apalagi aku masih single gini, wow.. masih banyak waktu banget buat belajar and persiapin diri..

So, daripada kebanyakan mikirin impian buat acara wedding (meskipun itu gak ada salahnya :p) kenapa kita gak pake waktu kita to plan our marriage? Belajar ngurus urusan rumah tangga.. jangan ampe ntar pas udah married baru kelabakan, haha.. Belajar ngurus anak (I still need to learn this one.. terutama ngurus baby!) Belajar urus keuangan kita juga, jangan hidup boros and harus punya tabungan.. Berusaha untuk bangun hubungan yang deket sama keluarga, soalnya ntar kita juga harus bisa bangun hubungan sama mertua lho, hihi.. Trus temuin tujuan hidup/visi kita dengan jelas (jadi menikah pun ada tujuannya nanti..) and terus jaga kekudusan hidup kita dengan pasangan kita, karena kehidupan pra-nikah akan nentuin gimana kehidupan pernikahan kita nantinya..

Pokoknya ada begitu banyak persiapan yang bisa kita lakuin.. salah satunya juga, kamu bisa perlengkapin diri kamu dengan banyak baca buku.. beberapa buku bisa kamu liat di sini:


or dengan banyak ngobrol sama para mentor yang udah menikah, jadi kita bisa belajar dari pengalaman mereka :)

So, what kind of marriage do you want? Plan from now!


Published with Blogger-droid v2.0.9


0 comments:

Post a Comment

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon