Resep Bihun Ke

Udah lama juga nih berasanya kagak nulis blog.. Awal taon lumayan busy, terutama karena besok (selama 10 hari) aku akan ke Kamboja and Vietnam lagi, jadi kerjaan kudu diberesin semua sebelum pergi.. Hari ini aku udah bisa lumayan nyantai.. seharian di rumah, packing, pacaran (haha.. lewat video call maksudnya :p) and pastinya.. masak!

Aku udah lumayan sering masak makanan yang satu ini.. and kalian cuman bisa temuin masakan ini di keluargaku, haha.. soalnya ini resep dari keluarga turun-temurun, ga jelas juga asalnya dari mana.. keliatannya sih kayak Chinese food gitu ya.. but yang pasti enak, and aku doyan banget karena dari kecil udah sering dikasih makan ini, hihi.. Beberapa temen (yang pernah dateng ke rumah) juga udah pernah nyobain :)

Bihun Ke, atau lebih sering kita sebut Bihun Kao.. itu bukan kayak bihun yang biasa kita makan.. but ini kayak semacem gumpalan tepung yang berenang di kuah ayam, wkwkwk.. susah ah jelasinnya.. mending pada coba bikin aja sendiri.. ini nih resepnya.. gampang koq :) Perlu dicatet juga di sini supaya one day bisa diturunin lagi ke anak-cucu, hahaha..


BIHUN KE

Bahan kuah:

Potongan ayam
Bawang merah (iris)
Bawang putih (geprek)
Jahe (geprek)
1 sdm Kecap ikan
1 sdm Arak Angciu
Kecap asin
Garam
Gula
Merica

Bahan isi:

1/4 cup air garam
1 sdt mentega
Tepung terigu

Tambahan:

Sayur sawi
Bawang goreng

Cara memasak:

1. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe sampai harum. Masukkan potongan ayam.
2. Setelah ayam mulai agak kecoklatan, tuang kecap ikan, angciu dan kecap asin.
3. Aduk sebentar, lalu tambahkan air panas. Pindahkan ke panci, panaskan dengan api kecil, hingga ayam empuk. Tambahkan garam, gula dan merica sesuai selera.
4. Untuk isinya, campur air garam dan mentega, lalu tambahkan terigu sedikit demi sedikit, diaduk rata hingga bisa dibentuk bulat (seperti di gambar).
5. Masukkan terigu yang sudah dibentuk ke dalam kuah ayam yang mendidih, dengan api kecil. Setelah itu masukkan sayur sawi dan bawang goreng.
6. Supaya lebih enak lagi, di mangkok kecil, campurkan kecap asin dengan potongan cabe rawit ijo sebagai bahan pelengkap.

Jadi deh! Kamu bisa liat foto di bawah ini, biar ada gambaran, hehe.. Nah yang di sebelah kanan warna ungu2 itu, dragon fruit pudding alias pudding dari buah naga yang aku bikin beberapa hari yang lalu.. enak lho buat dessert :) Kamu bisa liat resepnya di sini nih:


SELAMAT MENCOBA! :)




2 comments:

  1. Yummmyyyy....
    cel, kalo kamu jadi ke Kalimantan pengen deh dimasakin sama kamu (ini yang tamu sapa, kok tamu malah disuruh masak, huahahahahaha) Aku berdoa semoga jadi yahhh...C u cell...

    ReplyDelete
  2. @Mega hahaha.. dasar.. harusnya aku dong yg nyobain masakan kamu, hihi.. iya semoga jadi yah :)

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon