Month of HOPE


Bulan May ini merupakan "Month of HOPE" buat aku.. Dimulai dari banyak ayat dan pesen Tuhan tentang HOPE yang aku terima, diuji dalam situasi yang bikin aku jadi belajar tentang yang namanya HOPE, sampai ke hal-hal kecil, seperti dikasih tema khotbah tentang "Stronger in HOPE". Kenapa semuanya bisa pas gitu ya? Haha.. And kali ini aku mo share beberapa hal tentang HOPE yang aku pelajari di bulan ini and sempet aku khotbahin juga, baik di cell group maupun di ibadah..

What is your biggest HOPE right now?

Apa pengharapan terbesar kamu saat ini?

Take time to think and answer this question.. Mungkin itu rumah? Mobil? Pekerjaan yang lebih baik? Jodoh? Anak? Atau mungkin pelayanan?

Setiap orang pasti punya pengharapan yang berbeda-beda.. Tapi setiap kita perlu sama-sama renungin ayat yang satu ini:

"Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh HARAPANnya pada Tuhan!" (Yeremia 17:7)

Tapi bagaimana caranya kita tahu kalo kita udah menaruh harapan kita kepada Tuhan? Apakah saya selama ini udah sungguh-sungguh berharap kepada Tuhan? (Ini pertanyaan yang muncul waktu aku lagi ada di bawah shower ;p Ga tau kenapa inspirasi suka muncul pas lagi di kamar mandi.. Fresh from the shower! Haha..) And akhirnya God kasih aku pengertian tentang ciri-ciri orang yang berharap kepada Tuhan.. Ada 3 ciri:

1. Tidak mudah kecewa

Gimana respon kita kalo ternyata hal yang kita harapkan (our biggest hope yang tadi udah disebutin) ternyata ga sesuai sama harapan Tuhan? Gimana kalo ternyata jawaban Tuhan adalah "NO"?! Contohnya aja, gimana kalo ternyata si doi yang udah kita suka banget ternyata bukan jodoh pilihan Tuhan? (Hehe..) Apa kita jadi kecewa sama Tuhan dan memaksakan kehendak kita? Aku inget kisah waktu Daud berdoa dan berharap untuk kesembuhan anak pertamanya dengan Batsyeba. Dia berdoa, berpuasa, bergumul.. tapi apa yang terjadi? Ternyata anak itu meninggal dan ga bisa sembuh akibat dosa-dosa Daud. But apa respon Daud setelah itu? Dia ga kecewa.. Justru dengan kejadian itu, Salomo yang akhirnya menjadi raja menggantikan Daud.. God always has a better plan for us! (Inget Yeremia 29:11)

Dulu waktu SMP, entah kenapa aku kepengen banget bisa lanjutin SMA di Donbosco2 (DB2).. Padahal waktu itu aku juga udah sekolah di sekolah yang oke (BPK Penabur) and bener-bener ga pengen lanjut SMA di situ, mungkin karena pengen cari suasana baru kali ya, hehe.. Akhirnya aku ikut tes di DB2 and.. gak diterima!! Huaa.. Gagal deh rencana.. And bingung banget waktu itu harus gimana.. Akhirnya ortu tawarin untuk masuk sekolah Kanaan.. Waduh di mana tuh ya? Jarang denger.. But aku coba-coba aja deh.. And finally diterima, karena memang masuknya gampang banget, ga perlu pake tes! Hahaha.. And semua orang bingung karena aku satu-satunya murid dari Penabur yang pindah ke situ.. Mungkin orang-orang mikir kalo aku prestasinya buruk kali ya ;p but sekali lagi, God always has a better plan for His children! Ternyata memang Tuhan yang mau bawa aku ke Kanaan (tanah perjanjian gitu lho..) and di situlah awal kebangkitan rohani aku.. Aku mulai terlibat dalam pelayanan pelajar, bisa aktif dalam banyak kegiatan tanpa perlu pusing ama pelajaran sekolah (karena jauh lebih nyantai daripada di Penabur ;p) bisa doa kelilingin sekolah tiap hari, ketemu ama orang-orang yang luar biasa, ketemu para mentor rohani (salah satunya ci Lia, hehe..) and di situlah awal kegerakan yang namanya R4J alias Radical For Jesus, yang akhirnya jadi judul buku pertama aku :D Mantep yah rencana Tuhan! That's why kalo harapan kita ga terkabul, jangan cepet kecewa or putus asa (apalagi bunuh diri) karena Tuhan udah sediain sesuatu yang jauh lebih baik di depan sana :)

2. Sabar menunggu

Nah, yang ke-2 ini beda kasusnya.. Gimana respon kita kalo ternyata harapan kita memang udah sesuai sama yang Tuhan mau, tapi belum timing-nya? Bahkan mungkin Tuhan sendiri udah bilang ke kita bahwa kita akan menerima hal itu, tapi Dia ga kasih tau kapan waktunya.. (paling nyesek kan yang kayak gini, haha..) Apa kita bisa sabar menunggu? Atau maunya buru-buru and berusaha untuk dapetin dengan kekuatan sendiri?

Contoh paling nyata itu Abraham.. Tuhan udah janjiin dia anak, bahkan dia bakal jadi bapa segala bangsa.. Tapi ga tau harus nunggu ampe kapan.. Bahkan Sara sempet udah ga sabaran, sampe akhirnya menghalalkan segala cara supaya Abraham bisa punya anak (lewat Hagar) makanya ceweq2 harus belajar lebih sabar nih, hihi.. But finally, mereka dapet anak juga, yaitu Ishak, setelah nunggu selama 25 tahun!! Wow! Lama yah.. Tapi dari situ mereka jadi belajar untuk berharap kepada Tuhan.. Percaya deh kalo waktunya Tuhan itu adalah waktu yang terbaik, and He's never too late.. He's always on time! (Baca Pengkhotbah 3:11)

Aku tahu yang namanya menunggu itu ga enak.. Aku and ortu juga sempet alemin yang namanya nunggu janji Tuhan dalam soal rumah. Kita saat itu percaya kalo God akan kasih kita rumah baru. Kita udah pegang pengharapan ini selama bertaon-taon, tapi belum dapet juga rumah yang pas.. Semua ujung-ujungnya pasti batal and ga jadi beli.. Sampe akhirnya pas aku lagi di Amrik, aku bilang ke Tuhan, asyik kali ya kalo nanti pas balik ke Jakarta udah langsung pindah ke rumah baru.. But bulan-bulan terakhir aku di sana, belum ada juga tuh kabar dari ortu soal rumah, malah kayaknya udah pada males nyari-nyari lagi, hehe.. Tapi Tuhan kita itu selalu on time.. Kira-kira sebulan sebelum aku balik ke Jakarta, mereka dapet rumah baru and langsung beli! Proses belinya bener-bener cepet banget and rumahnya bener-bener sesuai sama yang kita harapin (bisa liat foto2nya di post aku "Surprise from GOD") Jadi pas balik ke Jakarta aku cuma tidur 1 malem di rumah lama and abis itu langsung pindah ke rumah baru.. Dahsyat ya!

So, tetep sabar menunggu dan berdoa buat setiap janji Tuhan.. Mungkin buat pertobatan keluarga kamu, financial breakthrough or bahkan soal pasangan hidup.. Tuhan rindu kita bisa bertemu dengan the right person on the right TIME! :)

3. Tidak melupakan Tuhan

Gimana respon kita waktu harapan-harapan kita udah dikabulin Tuhan? Orang yang berharap sama Tuhan ga akan gampang melupakan Tuhan. Berkat justru akan membuat mereka semakin melekat dengan Tuhan, bukan malah menjauh.. Ada orang-orang yang waktu dapet pekerjaan, mereka jadi jarang ke gereja.. Padahal waktu belom dapet kerja, rajin banget cari Tuhan.. Jadi cuma cari Tuhan pas ada maunya aja ;p

Contoh di Alkitab, tentang 10 orang kusta.. Pas harepin kesembuhan, semuanya dateng dengan antusias ke Tuhan.. Tapi pas udah sembuh, eh cuma 1 lho yang balik.. Yang 9 udah lupa langsung ama Tuhan.. Seberapa sering kita juga kayak yang 9 itu? Lupa bersyukur.. Cuma dateng ke Tuhan dengan banyak list permohonan kita, and pas uda dapet kita langsung say "good bye" ke Tuhan.. Gimana coba perasaan Tuhan? Padahal seharusnya pemberian-Nya itu membuat kita semakin bersyukur dan semakin mengasihi Dia.. Kita juga bisa semakin memuliakan Dia dengan bersaksi ke temen-temen kita tentang semua kebaikan yang udah Dia lakukan..

So, cek hati dan respon kita selama ini.. Jadilah orang-orang yang selalu berharap kepada Tuhan dan jangan pernah lupakan segala kebaikan-Nya! :)

Roma 15:13

Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Published with Blogger-droid v2.0.4


0 comments:

Post a Comment

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon