Gara-gara "Rumput" :p

Pernah denger pasangan yang ribut gara-gara "odol"? Yang satu selalu mencet odol dari bawah, yang satu dari tengah, akhirnya jadi ribut? :p Ternyata.. bukan cuman "odol".. "Rumput" juga bisa bikin konflik lho (hahaha..)


DM sama aku bener-bener pribadi yang beda banget, bisa dibilang bertolak belakang 180 derajat kali ya.. Aku sampe pernah bikin tabel untuk tulis semua perbedaan kita :p Yang pasti, he is a man and I am a woman.. umur kita beda 7 taon (cara mikir and bersikap jadi beda juga pastinya).. dia plegmatis (stabil), aku melankolis (cermat & perfeksionis abis!) Dia anak sulung, aku anak bungsu.. Dia kuat di logic, aku kuat di feeling.. Dia extrovert (very easy-going and people person), aku lebih introvert (perlu ME time banget :p) He is Australian, I am Indonesian (different culture).. Dia multi-tasking and very fast dalam ngerjain sesuatu (serba cepet pokoknya) sedangkan aku very slow (wkwkwk..) karena aku single-tasking, kalo ngerjain satu hal harus fokus banget and bener-bener cermat..

Masih banyak lagi perbedaan lainnya yang belom keliatan, but salah satu yang lagi aku pelajarin akhir-akhir ini adalah perbedaan love language kita :) Udah pada tau tentang 5 love languages kan ya? Cara kita mengungkapkan and menerima kasih dari seseorang.. Aku itu tipe "quality time", so when I love someone, I will give my time and undivided attention to him.. Kalo DM lagi telepon (apalagi aku orang single-tasking), aku bakal stop semua hal yang lagi aku kerjain and bener-bener fokus untuk ngobrol sama dia.. Dan karena kita LDR, waktu telepon itulah satu-satunya yang jadi bentuk quality time aku sama dia..

But berbeda dengan DM :p Dia itu tipe "act of service".. apalagi dia multi-tasking.. jadi dia bisa telepon sambil ngerjain banyak hal, hehe.. And buat dia, ngobrol juga udah termasuk quality time, meskipun dia sambil ngerjain hal-hal yang lain.. Jadi bahasa kasih dia itu lebih ke action (bersihin rumah, angkatin barang, bukain pintu, dll) yang agak susah buat diliat kalo we are in LDR :p

Nah, karena perbedaan love language ini, aku pernah bilang ke DM kalo aku suka merasa terganggu kalo dia telepon sambil ngerjain hal yang lain.. aku pengen selama telepon, dia bener-bener duduk diem and dengerin (which is hard for him pastinya, haha..) so, dia mulai praktekin sejak itu.. :)

But one day (karena aku lagi kangen berat juga kayaknya sama dia pas hari itu, and aku lagi excited banget mo ngobrol sama dia) ternyata dia telepon aku sambil lagi nyabutin rumput! And I don't know why, aku langsung jadi BT banget hari itu, hahaha.. Aku ngerasa kalo he didn't give his quality time and his undivided attention to me.. Aku jadi ngambek, wkwkwk.. (ceweq emang lebih egois ya :p) But tiap ada konflik, kita pasti selalu belajar terbuka and adain pemberesan.. DM juga bingung kenapa aku bisa ngambek.. Aku aja bingung, haha.. But ternyata, itu semua gara-gara perbedaan love language kita.. Akhirnya DM bilang ke aku: "I listened to you and I gave you my full attention koq.. soalnya rumput kan gak perlu diperhatiin.." (masuk akal juga sih, wkwkwk..) Aku jadi suka ketawa sendiri kalo ngebayangin kejadian itu.. Koq aku bisa-bisanya ya merasa tersaingi and jealous sama rumput :p

But since that time, aku jadi belajar untuk kenal DM lebih lagi.. And we learn that we can't change people.. Aku gak bisa ubah or maksa DM jadi orang "quality time" and "single-tasking".. sebaliknya.. dia juga gak bisa ubah aku.. So, caranya adalah kita harus ambil jalan tengah, lewat yang namanya understanding alias saling pengertian :) Aku belajar untuk gak ngambek lagi kalo dia telepon aku sambil masak, sambil gardening or sambil ngerjain hal-hal yang lain.. karena kita memang cuma bisa telponan di sela jam-jam sibuk (perbedaan jam itu ngaruh banget.. aku di rumah, dia di luar.. aku di luar, dia di rumah.. pas dia nyantai, aku lg jam sibuk.. pas aku nyantai, dianya yang lagi jam sibuk, haha..) jadi butuh pengertian banget.. But sebaliknya, ada saatnya dia juga bener-bener duduk diem and gave me his undivided attention (Thank you, DM.. I love you! hihi..)

Jadi sekarang, kalo dia lagi sibuk, aku juga jadi lebih santai and gak ngerasa gak dikasihi/gak diperhatiin, because I know he loves me and he shows it in another way :) Aku juga jadi mulai belajar untuk lebih fokus ke kebutuhan dia, meskipun jujur aja susah untuk show our love ke orang "act of service" kalo dalam kondisi LDR kayak gini, haha.. But maybe salah satunya adalah dengan gak ngambek lagi, wkwkwk.. Daripada ngambek, mendingan aku berdoa buat dia ya.. That's one of the actions that I can do for him :)

So, mengenal pasangan kita itu seru.. seru banget.. sama seperti kita mengenal Tuhan.. There is always something new everyday, and full of surprises.. "Oh, ternyata dia orangnya begitu toh.. Oh ternyata dia sukanya ini toh.." That's why I need to spend more time to get to know him (DM) and Him (God) :) Aku kemaren juga baru baca buku "The Love Languages of God" (Gary Chapman). We also need to show our love to God through our words (thanksgiving, praise), quality time (devotion / quiet time), gifts (offering), action (ministry) and physical touch (compassion and love to other people).. such a great book!

"Lord, I want to get to know You more today.. more than yesterday.. I want to know what You like and what You dislike.. Thank You for showing your great love to me, especially on the cross.. You are such a great example! I love You, God.. and I wanna show my love to You.. more and more everyday.. :)"

"DM, I want to get to know you more as well :) I wanna start learning your language and stop trying to show my love to you with my own language.. I will control myself untuk gak ngambek lagi and gak jealous lagi sama rumput, hihi.. Because I know that you love me :) And I will learn to appreciate all the actions that you have done for me.. You are such a great man! I love you.. more and more everyday.."


Learning a new language may be difficult and take time, but it can be done.



2 comments:

  1. masa km krjanya slow? kynya dulu di pearl km krj cpt loh n i love it haha. be back plsss

    ReplyDelete
  2. @viryani aku kalo kerjain sst memang pengen selalu cepet beres, but waktu ngerjainnya itu aku very slow.. buat ngedit 1 artikel aja tuh bener2 takes time, krn aku terlalu perfeksionis, haha..

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon