I Promise You Forever...

Ada beberapa orang yang suka tanya, terutama yang masih pada single: "Gimana rasanya sekarang udah in a relationship?" :) And aku kadang suka jawab: "Rasanya kayak ada di kehidupan lain.." haha.. Terutama pas udah mulai masuk persiapan pernikahan.. Apalagi nanti ya kalo pas udah nikah, udah berasa kayak di planet lain kali tuh ya, wkwkwk.. :p Yang pasti, kehidupan aku gak bisa sama lagi kayak waktu pas masih single.. Kalo dulu pas masih single, mo ambil keputusan apa aja bebas! But kalo sekarang, aku harus mikir dulu, kira-kira DM setuju gak yah?! Terutama dalam urusan wedding and keputusan-keputusan lainnya yang berhubungan sama our relationship..

Tantangan yang kita hadepin juga udah mulai beda.. Kalo dulu pas masih single kan pergumulannya, "Kapan yah gue ketemu sama PH gue?" "Sampe kapan yah gue single begini terus?" haha.. But sekarang udah beda, malah lebih banyak lagi tantangannya, karena udah bukan sendirian lagi :p Konflik.. Differences.. Family (keluarga and ortunya jadi ada 2 juga, hehe..) Apalagi pasangan yang LDR kayak kita gini, hampir tiap ketemu pasti ada konflik, wkwkwk.. "Koq sikap dia kayak gitu sih?" "Harusnya kayak begini dong.." and banyak 'kejutan-kejutan' lainnya tiap kali ketemu, karena selama ini gak banyak waktu bareng and gak bisa liat kehidupan masing-masing secara langsung..


But I feel grateful buat setiap konflik and tantangan yang pernah (bahkan yang sedang, or yang akan) aku and DM lewatin, karena itu bikin kita jadi makin saling kenal satu sama lain.. and itu juga jadi good training buat persiapan kita masuk ke dalam pernikahan.. jadi tahu gimana harusnya kita solve the conflict, apa yang dia suka and apa yang aku suka.. DM lebih suka kalo ada masalah ya langsung ngomong aja, jangan dipendem.. Dia juga jadi ngerti, kalo aku ada masalah, cukup didengerin aja, gak perlu diceramahin, nanti juga baek and kalem sendiri, hihi.. :p

Salah satu hal yang bikin aku bersyukur juga, kita punya mentor and pembina-pembina yang luar biasa.. Terutama dari BPN (Bimbingan Pra Nikah) yang lagi kita jalanin.. Pas aku ke Aussie kemaren ini, kita sempet ngebahas beberapa bahan BPN.. Salah satunya tentang "Marriage is a COVENANT." Dibahas tentang janji nikah, yang kira-kira bunyinya begini:

I, XXXX, do take you, YYYY, to be my lawful wedded wife, to have and to hold from this day forward, for richer or poorer, for better or worse, in sickness and in health, to love and to cherish until death do us part, and I make this pledge in the Name of the Lord Jesus Christ.

Then, pembina BPN-nya (Ps. Yudah and wife) tanya ke kita berdua.. First, dia tanya ke DM: "What is the worst of Cella?" (Apa hal paling jelek dari seorang Cella?) and DM cuma jawab, "Belum ada" (haha.. memang beneran belom ada or gak berani jawab tuh ya? :p) Next, aku yang ditanya: "What is the worst of DM?" and aku langsung sebutin satu sikap dia yang paling aku gak suka selama ini, hehe.. But pertanyaan selanjutnya yang penting, "Gimana kalo misalnya pas udah menikah nanti, sikap dia yang satu itu makin tambah parah?" (misalnya lho yaa, haha..) Hmm.. sempet bikin mikir juga tuh.. meskipun belom tentu terjadi, but ini ada hubungannya sama janji nikah yang tadi aku udah sebutin di atas..

Gimana kalo pas udah menikah nanti, pasangan kita yang tadinya sehat-sehat aja, tiba-tiba kena penyakit yang serius? Gimana kalo pasangan kita yang tadinya hidup berkecukupan (or bahkan kaya raya maybe) tiba-tiba bangkrut? Yang tadinya naik mobil, jadi harus naik bajaj.. hehe.. Gimana kalo pasangan kita yang tadinya baik setengah mati, tiba-tiba berubah jadi nyebelin? Gimana kalo pasangan kita yang keliatan kayak "malaikat" tiba-tiba keluar semua sifat aslinya pas udah menikah? :p

Hmm.. interesting ya.. karena kita masih menikah sama manusia (bukan sama malaikat), yang bisa berubah setiap saat.. and kita masih hidup di dunia, yang kondisinya juga bisa berubah-ubah kapan aja.. but the question is, "Will you keep that covenant? To love and to cherish until death do us apart?" Apa aku akan tetep bisa mengasihi DM di saat dia nyebelin (hehe..) saat dia sakit (tenang aja, udah disiapin tolak angin yang banyak nih, wkwkwk..) or di saat paling rendah dalam hidup dia?

I think it's really a good question buat setiap pasangan yang lagi dalam persiapan untuk masuk dalam pernikahan.. Karena seringkali kita cuma mikirin yang enak-enaknya doang, hehe.. Padahal dalam janji nikah kita nanti, kita juga harus siap kalo the worst thing happen.. Lewat bahan BPN ini aku juga belajar, untuk ngeliat covenant antara aku dan Tuhan.. The love of God (agape love) itu yang bisa bikin hubungan aku dengan Tuhan bertahan.. Aku udah banyak jato-bangunnya, but He is still faithful.. Saat aku down, Dia juga gak ninggalin aku.. What a Faithful God I have! And lewat hal ini, aku juga mau belajar untuk bisa mengasihi DM with His agape love.. Kasih yang gak bersyarat.. "I will love you kalo u bisa berubah!" or "I will love you kalo u kaya and banyak duit!" haha.. but I wanna say, "I will love you no matter what.." :')


PS: I hope this simple article bisa jadi berkat buat kalian yang masih single, or lagi in a relationship, buat yang lagi persiapan married, or bahkan buat yang udah menikah juga.. It's good untuk inget-inget lagi janji nikah kalian, and let God be glorified through our relationship and marriage.. Inget Matthew 19:6 "let man not separate!" jangan sampe terjadi perceraian! Cos marriage is a covenant... :)



1 comments:

  1. Hehe..thank's for the post ya cell,
    Aq aq & pasangan jg lagi Konseling pra-nikah, dan baru 1x pertemuan, haha..lucu & luar biasa, dan aq bersyukur bisa ikut konseling ini, krn byk hal yg baru ttg dia & ttg pernikahan yg aq jd tau..
    Smg rencana kamu & pasangan berjalan dgn baik ya cell..Gbu

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon