Don't Wear Other Person's Shoes!

Statement ini tiba-tiba aja muncul pas kemaren aku lagi diwawancara sama Kezia buat salah satu rubrik majalah Pearl.. Dia tanya tentang beberapa prinsip dalam hidup aku, dan salah satunya, kalimat inilah yang muncul.. "Do not wear other person's shoes!" Hmm.. Maksudnya apa?


Setiap wanita pasti punya jenis sepatu favorite-nya masing-masing.. Kalo buat aku, aku suka pake sepatu sandal yang tinggi (tapi gak tinggi-tinggi amat ya), and aku gak suka yang bawahnya rata.. But in some occasions, aku suka juga pake sepatu yang ceper.. Aku bukan tipe ceweq yang terlalu ngikutin trend, jadi yang penting enak diliat and nyaman dipake, it's ok for me, haha..

Nah, sama kayak hidup kita.. Tuhan juga udah rancang kehidupan kita dengan ukuran and style-nya masing-masing.. Mungkin kita bisa aja coba pake "sepatu" orang lain and selalu niru kehidupan mereka.. but ujung-ujungnya hidup kita gak akan pernah maksimal.. lama-lama kaki kita bakal sakit, and lebih parahnya lagi kalo kita ampe gak bisa jalan.. :(

"Koq gue gak bisa ya jadi wanita kayak dia?"
"Koq gue gak bisa ya jadi istri/ibu sehebat dia?"
"Koq gue gak bisa ya jadi wanita karier?"
"Koq gue gak bisa ya jadi ibu rumah tangga kayak dia?"
"Koq gue gak bisa ya pelayanan kayak dia?"
"Koq gue gak bisa ya sekolah setinggi dia?"

Wah.. banyak banget pokoknya pertanyaan kayak begini yang bisa muncul di pikiran kita tiap kali kita liat wanita-wanita yang hidupnya kayaknya lebih "hebat" and lebih wah dari kita.. Memang bener, kita harus liat teladan mereka and punya hati yang mau belajar.. But di satu sisi, jangan pernah paksa diri kita untuk jadi seperti mereka.. Ayo, bersyukur dengan kehidupan kita masing-masing.. Bersyukur dengan keadaan kamu sekarang, dan kembangin skill (talenta) yang Tuhan udah beri secara khusus untuk kamu..

Kalian gak harus koq jadi penulis blog untuk bisa memberkati orang lain.. masih banyak jutaan cara lainnya yang bisa kamu pake untuk menjadi berkat, hehe.. Buat para istri yang bekerja, kalian gak harus jadi full time housewife koq untuk bisa mengasihi keluarga kalian.. Kalo memang harus bekerja, ya bekerjalah, jangan merasa tertuduh :p Sebaliknya, buat yang full time housewife, gak perlu iri juga sama para istri yang bekerja.. Semua punya bagiannya masing-masing.. Yang penting, find out apa yang Tuhan mau buat hidup kita pribadi.. Di situlah hidup kita akan maksimal :)

Dalam hal relationship juga, contohnya dalam hal dapetin pasangan.. Aku gak bisa tuh jadiin "love story" aku sebagai patokan buat orang lain.. Karena aku percaya Tuhan punya kisah yang unik, kreatif and beda-beda buat setiap kita.. Biarin Tuhan bebas berkarya! Gak ada kisah yang lebih hebat, karena Tuhan-nya sama.. hehe.. Trus dalam hal pernikahan juga (karena sekarang lagi mengarah ke sana nih..), Tuhan juga rancang setiap pasangan and setiap keluarga dengan style masing-masing.. mo model pernikahan seperti apa, cara mendidik anak kayak gimana, dll.. tanya Tuhan.. What He really wants for us.. Sepatu yang mana yang Dia liat cocok untuk kita? :)


Cape kalo kita terus hidup di bawah bayang-bayang orang lain.. Kalo aku terus hidup ngikutin standard orang lain, aku gak bakal pernah tuh masuk sekolah Theologia, haha.. Bayangin aja pas lulus SMA, gak ada tuh 1 orang pun dari seangkatan aku yang ambil jurusan itu.. Mungkin orang-orang liat aku kayak "keluar jalur" wkwkwk.. but aku bersyukur sih, aku tetep pake "sepatu" aku sendiri, and aku gak pernah menyesal :)

Ada juga beberapa orang yang sempet bilang ke aku, "Wah, gue pengen deh bisa jadi kayak elu.." But aku mo bilang ke kalian, aku juga pengen sebenernya kalo bisa punya skill seperti kalian.. banyak banget hal yang aku gak bisa lakuin.. and I know, aku emang gak bisa, haha.. aku gak bisa jadi dokter, aku gak bisa jadi pemusik, aku gak bisa jadi designer, aku gak bisa jadi penyanyi (hahaha..) apalagi jadi artis :p Kadang aku mikir, hidup aku ini kayaknya modalnya bener-bener cuman Tuhan doang, and hati yang mau melayani.. wkwkwk.. Gak kebayang ya kalo gak ada Tuhan, jadi apa yah hidup aku ini.. hmmm..

So.. yah.. bersyukurlah dengan hidup kalian.. Banyak orang yang gak punya apa yang kalian punya lho.. So, stop banding-bandingin hidup kalian sama orang lain.. Aku mau liat Tuhan bekerja secara maksimal di dalam hidup kalian semua and di dunia kalian masing-masing.. Come on, ladies! Love Your Life!



3 comments:

  1. syaloom marcellaflaorenzia
    Hmmmmmm, aku ga sengaja baca blog dari tautan link di FB :) dan ijin komentar untuk statement kamu yang ini

    "Tuhan juga rancang setiap pasangan and setiap keluarga dengan style masing-masing.. mo model pernikahan seperti apa, cara mendidik anak kayak gimana, dll.. tanya Tuhan.. What He really wants for us.. Sepatu yang mana yang Dia liat cocok untuk kita?"


    So kalau ada anak yang terlahir di keluarga Broken Home,oleh keluarganya tidak pernah dan tidak diijinkan kenal sama Tuhan, dijadiin samsak (karung tinju) oleh keluarganya, disakiti terus, mo ngejear visi dan misi dipersulit

    Apakah anak tersebut memang layak dapat keluarga seperti itu? Apakah Tuhan coba bilang seperti ini,"Dia (si anak itu) harus hidup dalam keluarga seperti itu biar mentalnya kuat n ga cemen??

    ReplyDelete
  2. Hi.. Thx for reading :)

    Kalo soal lahir di keluarga mana, itu kan kita memang ga bisa pilih.. But sekarang, sebagai orang yang udah mengenal kebenaran and takut akan Tuhan, kita pastinya ga mau dong bangun pernikahan and keluarga yang sembarangan.. :)

    But kalo di artikel ini sih aku lagi ga bahas ke sana, ya hehe.. Maksud aku, di tiap pernikahan and keluarga kan punya sistem yang beda2.. Ada yang istri bekerja, ada yang di rumah.. Ada yg mo punya anak banyak, ada yg cuma mo sedikit.. Ada yg mo pake nanny, ada yg ngga.. And ga ada yg salah sama itu semua.. Semua punya kapasitasnya masing2 :)

    ReplyDelete
  3. tulisannya memberkati mbak.
    menguatkanku 'saat' ini.
    teringat dengan 'gunung' yang kuhadapi saat ini.
    saat meihat teman yang lain udah berhasil melewati 'gunung'nya, muncul dipikiran 'kok ya Tuhan gunung mereka gampang aja mereka lewati? aku kan punya Tuhan yang luar biasa, kenapa aku susah sekali melewatinya?'
    kemudian muncul penghakiman diri sendiri.

    aku dikuatkan dengan kalimat mbak yang ini,
    'Bersyukur dengan keadaan kamu sekarang, dan kembangin skill (talenta) yang Tuhan udah beri secara khusus untuk kamu..'
    'Yang penting, find out apa yang Tuhan mau buat hidup kita pribadi.. Di situlah hidup kita akan maksimal :)'
    *terkadang aku lupa dengan hal itu.

    Tuhan berkati.. :)

    ReplyDelete

 
THE PRESENT Blog Design by Ipietoon